7 Film Superhero Selain Marvel Yang Layak Ditonton

film superhero selain marvel

Kalau bicara soal film superhero, sekarang ini yang terlintas pertama kali adalah film-film dari Marvel. Tapi apakah ada film superhero selain Marvel yang bagus? Tentu saja ada.

Setelah Marvel, DC adalah perusahaan komik lain yang mendominasi. Di samping keduanya, juga ada beberapa film lain. Biasanya dari anak perusahaan raksasa komik itu.

Pada kenyataannya, tidak semua film superhero bagus. Bahkan untuk Marvel dan DC sekalipun. Di sini, kami akan memilih beberapa yang menjadi favorit kami. Karena film superhero Marvel sudah pernah kami bahas, kali ini giliran yang lain. Toh DC cukup tertinggal.

Inilah beberapa film superhero selain Marvel yang jadi favorit kami.

[irp posts=”47512″ name=”Film-film Di Tahun 2018 Yang Layak Ditonton”]

1. Watchmen

Watchmen adalah film superhero tahun 2009 hasil arahan Zack Snyder. Film ini diangkat dari seri novel grafis berjudul sama karangan Alan Moore dan Dave Gibbons. Watchmen juga sering disebut sebagai salah satu novel grafis terbaik.

Sedikit peringatan, kalau kamu terbiasa menonton film-film Marvel, mungkin kamu tidak akan suka dengan film Watchmen. Tokoh superhero yang ada mungkin kurang terkenal. Lalu film ini sedikit “mikir”, bernuansa gelap, dan berbau drama (tidak murni film laga). Yang jelas film dewasa.

Perdebatan soal kualitas film ini cukup panjang. Tapi film ini—selain 300—membuat Zack Snyder mendapat kepercayaan DC Comics dan Warner Bros untuk memimpin film-film DC Extended Universe (DCEU). Maka lahirlah Man of Steel, Batman v Superman: Dawn of Justice, Wonder Woman, Suicide Squad, Justice League, dll.

2. The Dark Knight Rises

The Dark Knight Rises adalah film ketiga Batman buatan Christopher Nolan di tahun 2012. Yeah, kamu pasti sudah tahu tentang film ini. The Dark Knight Rises mengambil dasar cerita dari seri komik Knightfall (1993), The Dark Knight Returns (1986), dan No Mans Land (1999).

Film Batman buatan Christopher Nolan sering disebut sebagai film Batman terbaik. Sedangkan The Dark Knight Rises sering diperdebatkan dengan film The Dark Knight sebelumnya. Saya memilih film ini lebih dulu muncul di daftar karena sedikit lebih menegangkan dan dramatis. Selain itu juga karena ada Anne Hathaway dan Marion Cotillard.

3. The Dark Knight

The Dark Knight adalah film kedua Batman hasil arahan Christopher Nolan di tahun 2008. Kamu juga pasti sudah tahu film ini. Siapa yang bisa melupakan Joker versi Heath Ledger dengan jargon “Why so serious?“-nya? Joker versi Jared Leto di Suicide Squad boleh ke laut aje.

Film The Dark Knight ini mungkin punya unsur drama, psikologi, dan filosofi yang cukup kental. Banyak dilema baik-buruk, benar-salah, atau penting-tidak penting di film ini. Yah, sebenarnya komik Batman memang seperti itu.

Secara filmis, menurut saya, The Dark Knight punya nilai lebih daripada film ketiga The Dark Knight Rises.

Sebagai bonus ada klip tentang bagaimana Heath Ledger memerankan Joker dari film dokumenter I AM HEATH LEDGER (2017). Damn, he’s good. REAL GOOD.

4. Wonder Woman

Wonder Woman adalah bagian dari film DCEU. Film ini disutradarai oleh Patty Jenkins dan diperankan oleh Gal Gadot. Film ini merupakan origin movie untuk tokoh Wonder Woman yang sebelumnya muncul di film Batman v Superman: Dawn of Justice.

Film Wonder Woman mendapat banyak pujian dan meraih kesuksesan. Patty Jenkins menjadi sutradara perempuan yang paling diperhitungkan. Gal Gadot pun disebut sukses memerankan superhero ini, walau sebelumnya sempat diragukan (karena dianggap kurang “berisi”).

Wonder Woman adalah film superhero selain Marvel yang bisa bersaing ketat di tengah gagalnya film DC akhir-akhir ini. Menurut saya, film ini bahkan layak ditonton walau hanya demi senyum Gal Gadot saja. ????

[irp posts=”47005″ name=”9 Film Pendek Animasi Buatan Pixar Terbaik”]

5. Hellboy

Hellboy adalah film tahun 2004 yang disutradarai oleh Guillermo del Toro. Film ini dibuat berdasar novel grafis Hellboy: Seed of Destruction karangan Mike Mignola. Hellboy adalah anak setan yang dibangkitkan di bumi oleh pasukan Nazi. Tapi akhirnya menjadi tokoh baik dan menjadi bagian dari Bureau for Paranormal Research and Defense (BPRD).

Guillermo del Toro berhasil memberikan penampilan visual keren dan cerita yang menarik (dengan humor yang oke). Penampilan Hellboy yang tidak seperti superhero biasanya pun asik. Yah, memang cerita paranormal seperti ini cocok dengan gaya del Toro. Sayangnya, lanjutannya tidak sekeren film ini.

Oya, film Hellboy dibuat remake-nya dan mungkin akan dirilis pada awal tahun 2019. Penampilan Hellboy baru juga tidak kalah sangar.

6. The Mask

The Mask adalah sebuah film superhero bertema komedi di tahun 1994. Tokoh The Mask dimainkan oleh Jim Carrey. Superhero ini juga bukan seperti superhero kebanyakan. Karena kocak dan sedikit nggak jelas.

Film The Mask merupakan salah satu film yang melontarkan Jim Carrey dan Cameron Diaz menjadi aktor papan atas Hollywood. Baik dari segi cerita dan penampilan, film ini lucu dan menarik. Kalau kamu mencari film ringan yang menghibur, The Mask bisa jadi pilihan.

7. The Crow

The Crow adalah film tahun 1994 yang dibuat berdasar komik berjudul sama. Ceritanya tentang detektif yang mati terbunuh, dan dibangkitkan kembali oleh seekor gagak untuk membalas dendam. Tokoh The Crow diperankan oleh Brandon Lee yang merupakan anak dari Bruce Lee. Tragisnya, film ini menjadi film terakhir Brandon karena ia meninggal tertembak di lokasi syuting (kesalahan teknis peluru kosong).

Film The Crow penuh dengan gaya rock n roll keren. Mulai dari nuansa gelap, riasan wajah sangar, dan aksi heroik. Ceritanya juga cukup romantis (ala gothic). Tidak sedikit yang membandingkan karakter The Crow yang diperankan oleh Brandon Lee dengan Joker yang diperankan oleh Heath Ledger. Bahkan ada yang menyebut inspirasi Heath Ledger datang dari tokoh The Crow ini.

Itulah beberapa film superhero selain Marvel yang menurut kami layak kamu tonton. Terus terang, secara pribadi saya kecewa dengan film-film dari DC dan Warner Bros. Terutama karena mereka terlalu ambisius dan terburu-buru membuat filmnya. Selain itu, sayang juga belum ada tokoh superhero (atau anti hero, seperti Spawn dan The Crow) lain yang muncul.

More Stories
joker film bulan oktober 2019
Inilah 5 Film Bioskop Terbaru Bulan Oktober 2019