5 Film Bocoran Teknologi Tentang Rencana Masa Depan

Mungkin kalian sering melihat berbagai hal futuristik di dalam sebuah film, dan menganggapnya hanya bersifat fiksi atau tidak nyata. Termasuk segala teknologi canggih yang ada di dalamnya. Tapi, jangan salah karena ternyata terdapat teknologi atau gadget canggih yang ada saat ini, sudah terlebih dulu muncul dalam sebuah film.

Salah satu contohnya adalah ponsel. Handphone yang kini sudah menjadi barang tidak terpisahkan oleh manusia, ternyata pada awalnya pertama kali muncul dalam sebuah film sebelum beredar di dunia nyata. Berikut ini saya akan sedikit mengulas beberapa film yang berisikan prediksi seputar teknologi apa saja yang sudah terjadi atau akan ada di masa depan.

A.I.

Selain adanya VR (virtual reality), kini ada juga teknologi baru yang bernama Artificial Intelligence (AI). Teknologi ini jadi salah satu yang tengah berkembang pesat saat ini. Steven Spielberg tengah memproyeksikan masa depan di dalam benaknya dengan cara merealisasikan suatu dunia yang banyak dihuni oleh robot Android. Kecerdasan buatan ini, mungkin suatu saat nanti justru akan bisa menyamai kecerdasan manusia.

Blade Runner 2049

Ini adalah sebuah film fiksi ilmiah dari Amerika Serikat yang rilis tahun 2017. Disutradarai oleh Denis Villeneuve dan cerita ditulis oleh Hampton Fancher yang diadaptasi dari karakter dari buku “Do Androids Sheep?”. Film ini mendapatkan respon sangat positif dari para kritikus.

Sesuai dengan judulnya, film ini akan menggambarkan bagaimana kondisi yang nanti akan terjadi di tahun 2049. Dalam film ini, ada seorang detektif yang mempunyai julukan Blade Runner. Detektif ini tengah mencoba untuk dapat mengungkap sisi psikologis manusia dengan menggunakan kloningan dirinya. Dan kalian bayangkan saja, jika di tahun 2049 nanti punyai kloningan diri sendiri. Bagaimana jadinya ya?

I Robot

Sumber gambar: Deen of Geek

Dibintangi oleh aktor terkenal Will Smith, I Robot mengambil latar tahun 2035. Dimana pada tahun tersebut, teknologi robotik mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan, saat itu telah ada sebuah robot yang bisa berpikir sekaligus mempunyai hati nurani layaknya manusia. Dalam film ini, kalian mungkin merasa sulit membayangkan bagaimana jika ada dua makhluk (manusia dan robot) yang mempunyai akal dan nurani. Mereka hidup berdampingan. Bagaimana, apakah kalian bisa membayangkannya?

Ready Player One

Film yang sudah dirilis Maret 2018 lalu ini, rasanya paling bisa menggambarkan apa saja yang bakal terjadi di waktu dekat. Karena kini semakin pesat berkembang Virtual Reality (VR). Hingga sutradara terkenal Steven Spielberg pada akhirnya bisa membuat gambaran suatu zaman dimana orang bakal lebih suka hidup sendiri, dalam dunia virtual mereka. Daripada harus hidup di dunia nyata.

Dalam film ini dikisahkan seorang remaja yang bisa menjelajahi dunia Virtual Reality. Disana dia akan bertemu banyak karakter dari dunia game maupun film di era 1980 dan 1990-an. Selain menggambarkan seperti apa dunia masa depan, film ini juga akan membawa kalian bernostalgia dengan budaya di era 1980 dan 1990-an.

Her

Jika kalian mendengar film Her, mungkin pertama yang bakal terbesit dalam ingatan adalah Scarlett Johansson. Tapi jangan salah, karena Her merupakan film sukses dalam menggambarkan ironi antara masa depan juga kemunduran sosial manusia. Coba kalian bayangkan saja, jika suatu saat sudah ada operator berteknologi Artificial Intelligence (AI) yang bisa menjadi teman sekaligus pasangan hidup seseorang.

Itu tadi film yang berisi prediksi teknologi di masa depan? Lalu bagaimana pendapat kalian? Apa kalian sudah menonton film tersebut? dan bagaimana jika masa depan ternyata seperti yang digambarkan pada film-film di atas?