Filmic DoubleTake – Aplikasi Perekam Video dari 2 iPhone Sekaligus

Filmic telah merilis aplikasi baru untuk iPhone bernama Filmic DoubleTake. Aplikasi ini bisa mengambil video dari dua kamera iPhone sekaligus.

DoubleTake pertama kali diperkenalkan pada bulan September 2019. Pengenalan aplikasi perekam video iPhone ini dilakukan dalam acara pengumuman iPhone 11 oleh Apple.

DoubleTake sebenarnya bukan satu-satunya aplikasi perekam video dari Filmic. Sebelumnya, Filmic pernah merilis aplikasi Filmic Pro pada tahun 2012, yang sudah dipakai oleh sutradara terkenal untuk membuat film.

Lalu apa yang saja yang ditawarkan oleh aplikasi DoubleTake? Fitur utama aplikasi ini adalah merekam video dari dua kamera iPhone. Selain itu, Filmic DoubleTake juga menyajikan fitur menarik lainnya.

Sumber Gambar : The Verge

Apa Saja yang Ditawarkan Aplikasi Filmic DoubleTake?

DoubleTake tidak hanya untuk merekam video dari dua kamera. Aplikasi ini bisa dipakai untuk memotong salah satu video, melihat tampilan video secara berdampingan, dll.

Aplikasi ini diklaim sangat mudah digunakan. Kalian bisa memilih dua kamera yang ingin digunakan untuk merekam video. Bisa kamera ultra-wide, wide, telephoto, atau kamera selfie. Cukup menarik bukan?

Setelah memilih kamera, kalian bisa memilih frame rate. Frame rate yang bisa kalian pilih antara lain 24fps, 25fps atau 30 fps.

Selanjutnya kalian tinggal merekam video sesuai selera. Semua video akan direkam dalam resolusi 1080p. Sayangnya aplikasi ini belum mendukung resolusi 4K.

Oya, aplikasi DoubleTake menyajikan beberapa mode tampilan. Mode tampilan yang disajikan aplikasi antara lain Slit-Screen, PiP dan Discreet.

Mode Split-Screen

Sumber Gambar : The Verge

Split-Screen akan menjadikan layar ponsel terbagi menjadi dua. Satu kamera akan berada di sebelah kiri, dan tangkapan dari kamera yang satunya akan berada di sebelah kanan.

Ketika menggunakan mode Spilt-Screen, semua suara akan masuk ke dalam video. Selain itu, hasil rekaman video dari mode ini akan diekspor ke internal library DoubleTake sebagai satu file tunggal.

Mode PiP (Picture in Picture)

Sumber Gambar : The Verge

Selain Split-Screen, ada mode lain bernama PiP (Picture in Picture). Mode ini akan mengisi layar dengan satu kamera yang kalian pilih.

Di sudut layar, kalian akan menemukan sebuah layar kecil. Kalian bisa seret layar kecil tersebut jika ingin berganti kamera.

Menariknya saat berganti kamera, tidak ada jeda sama sekali. Jadi kalian bebas berganti kamera sesuka hati. Berbeda dengan Split-Screen, PiP hanya akan menyimpan video dari kamera yang kalian pilih.

Mode Discreet

Sekilas, tampilan mode Discreet mirip seperti PiP. Namun mode ini akan mengekspor dua file 16: 9 secara terpisah. Jadi nanti kalian akan mendapat dua film video berbeda.

Discreet memungkinkan pengguna merekam video resolusi besar. Di mode ini, kalian bisa merekam dari kamera wide dan ultra-wide, dan dua-duanya dalam resolusi 1080p.

Sementara itu, file akan diekspor dalam format ‘.mov’ secara terpisah. Karena memiliki resolusi besar, maka butuh waktu lebih lama untuk mentrasfer video ke rol kamera.

Oya, DoubleTake tersedia gratis untuk perangkat iOS 13 di App Store. Beberapa ponsel yang kompatibel dengan aplikasi ini adalah iPhone XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro dan 11 Pro Max.

%d blogger menyukai ini: