Fitur Ajaib Smartphone Google Pixel 4

google pixel 4
Gambar: Google

Google meluncurkan smartphone terbaru Pixel 4 pada tanggal 15 Oktober 2019 dan memberinya beberapa fitur baru yang seru dan boleh dibilang ajaib.

Mungkin kamu sudah mengetahui beberapa di antaranya. Mungkin bahkan sudah tahu semuanya. Yah, Pixel 4 mendapat julukan “the most leaked phone“. Tentu saja karena sudah begitu banyak bocoran muncul soal ponsel satu ini.

Toh bagaimana pun, kita bicara soal Google di sini. Tetap ada sisi menarik yang bisa dibahas. Apalagi ponsel Pixel terkenal karena aplikasi Google Camera yang memiliki pengolahan gambar yang inovatif. Bahkan versi mod aplikasi itu sudah banyak diburu β€” seperti kami yang mencoba di ASUS Zenfone Max Pro M1 dan realme 5 Pro.

Nah, jadi apa saja fitur Google Pixel 4 yang menarik?

Motion Sense

Motion Sense memungkinkan kita mengontrol beberapa aplikasi di Pixel 4 dengan gerakan tangan, tanpa menyentuh layar. Misalnya untuk melewati lagu tertentu, menunda alarm, atau membisukan panggilan telepon. Teknologi ini menggunakan radar hasil dari Project Soli.

Selain itu, Motion Sense juga berguna untuk membuka layar ponsel. Sistem akan mengenali ketika kita meraih ponsel dan segera mempersiapkan sistem pengenalan wajah. Sehingga proses membuka layar bisa berlangsung lebih cepat. Google juga menyebut data dari radar Motion Sense tersimpan di dalam ponsel, tidak diunggah ke data center.

Aplikasi Perekam Suara Baru

Aplikasi perkem suara Pixel 4

Google mengembangkan aplikasi perekam suara (recorder) baru di Pixel 4. Fitur terbaru aplikasi perekam ini adalah mampu mencatat dalam bentuk teks apa yang kita ucapkan secara langsung (real time).

Lebih jauh lagi, kemampuan mencatat ini memungkinkan kita mencari kata yang ada di dalam rekaman tersebut. Lalu, semua proses pencatatan tersebut berjalan tanpa konseksi internet.

Smooth Display

fitur layar pixel 4
Fitur Smooth Display

Salah satu fitur lain hadir di layar OLED. Pixel 4 merupakan ponsel pertama Google yang mendukung refresh rate layar sampai 90Hz. Namun yang cukup menarik, layar Pixel 4 akan menyesuaikan refresh rate tersebut berdasar gambar yang tampil di layar. Dengan begitu, smartphone ini tetap bisa menjaga pemakaian daya yang optimal. Google menyebut fitur ini dengan nama Smooth Display.

Live HDR+

Live HDR+

Salah satu fitur yang disukai dari aplikasi Google Camera ada HDR+. Google memperbarui teknologi ini dengan menampilkan hasil HDR+ langsung di layar, saat kita mau memotret. Sebelumnya, kita harus menunggu hasil pengolahan gambar dari aplikasi sebelum bisa melihat hasilnya. Teknologi ini akan mempermudah pengguna memotret mengatur komposisi yang baik.

Bersama fitur Live HDR+ ini, Google juga memperkenalkan kontrol ganda pencahayaan. Yang satu untuk mengatur highlight dan yang lain untuk shadow. Dengan begitu kita bisa mengatur nuansa artistik berbeda dari pencahayaan yang berbeda.

Sistem White Balance Baru

White Balance lebih baik

Masih dari Google Camera. Fitur baru lain adalah sistem white balance baru yang lebih cerdas. Salah satu masalah yang ada di white balance (terutama yang otomatis) adalah membaca apakah sebuah benda berwarna biru ataukah berwarna putih tapi terpengaruh cahaya kebiruan. White balance di Google Camera Pixel 4 mampu membaca hal itu sehingga bisa menghasilkan warna yang lebih natural.

Mode Potret Lebih Luas

Jangkauan mode potret lebih luas dan jauh

Idealnya, mode potret selalu dibuat dengan jarak tertentu antara kamera dengan obyek. Hal ini agar obyek foto tidak tercampur dengan latar belakang. Pixel 4 sekarang menggunakan kamera ganda. Dengan begitu, pengolahan gambar di Google Camera juga diperbarui sehingga tetap mengenali obyek walau jaraknya lebih jauh dari biasanya. Selain itu, efek bokeh yang muncul juga bisa lebih dramatis.

Night Sight dengan Astrofotografi

Astrophotography di Pixel 4

Night Sight merupakan fitur yang menggebrak dari Pixel 3. Kini di Pixel 4, fitur itu ditingkatkan lagi sehingga bisa dipakai untuk astrofotografi. Google tidak hanya memperhitungkan pencahayaan, tapi juga bisa memperhitungkan posisi bintang. Ya, karena proses pemotretan dan pengolahan gambar bisa berjalan lebih lama dan posisi bintang bisa berubah. Pengolahan gambar Night Sight terbaru bisa menjaga gambar optimal.