Huawei Akan Masukkan Fitur Android 11 ke EMUI

Android 11 sudah resmi meluncur. Tapi tentu bagi pengguna smartphone Huawei hal ini jadi pertanyaan tersendiri. Apakah smartphone Huawei dengan EMUI akan menerima fitur Android 11?

Kalau kamu memakai smartphone Huawei dan memperhatikan perkembangan EMUI, kamu akan menemukan kalau EMUI 11 hadir berdasar Android 10 yang Google rilis tahun lalu. Mungkin hal ini sedikit mengecewakan bagi kamu yang ingin mendapat fitur terbaru.

Hal ini bisa kita maklumi mengingat tekanan pemerintah Amerika pada Huawei. Tekanan ini membatasi ruang gerak Huawei dalam mengakses Android 11. Terutama dari tahap awal pengembangannya.

EMUI dan Fitur Android 11

Untungnya, Huawei akan menghadirkan beberapa fitur yang ada di versi terbaru sistem operasi buatan Google ini ke skin EMUI milik mereka. Huawei memberitahu rencana ini melalui pernyataan pada Android Authority.

Mereka menyebutkan begitu Android 11 sudah hadir secara resmi sebagai proyek open source (AOSP), Huawei akan memilih beberapa fitur dan menerapkannya di EMUI.

Di sisi lain, mungkin sebenarnya hal ini tidak telalu banyak memberi pengaruh. Terutama kalau kita bicara fitur. Seperti kita ketahui, berbagai merek smartphone sudah membuat skin Android mereka sendiri. Samsung dengan OneUI, Xiaomi dengan MIUI, OPPO dengan ColorOS, dll.

fitur merekam layar sudah ada di berbagai skin Android

Sebagian besar dari skin itu sudah memiliki fitur yang lebih maju daripada Android murni. Sebagai contoh, fitur untuk transfer file atau merekam layar smartphone, yang sudah ada sebelum ini. Sementara kedua fitur itu baru ada di Android 11.

Dalam pernyataannya ke Android Authority, Huawei juga menambahkan kalau dalam beberapa tahun terakhir, fitur EMUI sudah melebihi Android (murni) dalam berbagai aspek.

HarmonyOS

Yang tidak kalah menarik tentu saja perkembangan sistem operasi baru HarmonyOS dari Huawei. Raksasa asal Cina ini sudah memberi konfirmasi kalau HarmonyOS akan hadir di smartphone.

Huawei juga sudah memberi konfirmasi pada Android Authority kalau smartphone yang memiliki EMUI 11 nantinya akan secara otomatis mendapatkan HarmonyOS.

Jadi kelihatannya langkah inilah yang akan menjadi pola peralihan EMUI ke HarmonyOS nantinya. Termasuk juga adaptasi fitur Android mendatang di HarmonyOS. Begitu Android versi terbaru menjadi open source, Huawei akan menerapkan beberapa fitur yang ada ke sistem operasi mereka.

%d blogger menyukai ini: