Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Twitter Punya Fitur Anyar Birdwatch, Bisa Cegah Informasi Sesat

Indri Penulis

Twitter resmi uji coba fitur Birdwatch. Fitur anyar ini dirancang untuk mengantisipasi tersebarnya informasi sesat di kalangan pengguna.

Media sosial awalnya dibuat untuk memudahkan orang-orang berinteraksi, meski tidak bertatap muka. Sayangnya kini media sosial justru berubah menjadi tempat berkumpulnya berbagai ‘informasi sesat.’

popculture.id

Tidak perlu jauh-jauh, Twitter adalah salah satu platform yang sering dipakai orang untuk menyebarkan informasi sesat. Contohnya di awal munculnya COVID-19, berbagai info sesat soal COVID-19 mayoritas berasal dari cuitan ‘oknum tak bertanggung jawab.’

Untuk menanggulangi informasi sesat, Twitter pada bulan Oktober lalu mengembangkan fitur bernama Birdwatch. Sekarang fitur tersebut telah diluncurkan dalam versi beta. Lalu bagaimana cara kerja fitur ini?

Sumber Gambar : NBC News

Fitur Birdwatch Antisipasi Info Sesat di Twitter

Twitter mengumumkan fitur ini melalui akun resminya. Twitter mengatakan jika fitur ini dibuat untuk mengatasi informasi sesat yang ada di platform-nya, dengan memungkinkan pengguna memeriksa fakta tweet terlebih dahulu.

Untuk sementara ini, Birdwatch baru diuji coba di AS. Itu pun baru disebar ke 1.000 pengguna Twitter yang beruntung.

Cara kerja fitur ini cukup mudah. Jadi saat kalian melihat ada tweet yang berbau ‘menyesatkan,’ kalian bisa klik menu lanjutan (ikon titik tiga) di samping nama si pembuat tweet.

Kemudian klik ‘Contribute to Birdwatch.’ Nah, di sini kalian bakal ditanyai Twitter kenapa menganggap tweet tersebut menyesatkan. Kalian bisa pilih opsi yang disediakan oleh Twitter, contohnya karena tweet tersebut tidak sesuai fakta, dsb.

Sumber Gambar : The Verge

Setelah itu, kalian bisa menulis catatan di bawah tweet menyesatkan itu. Kalian juga bisa menambahkan link website yang berisi fakta sebenarnya.

Contoh ada orang yang men-tweet­ jumlah pasien COVID-19 di Indonesia saat ini 0%. Informasi ini jelas keliru kan? Nah, kalian bisa buat catatan di bawahnya dengan menyertakan link website Pemerintah yang berisi info resmi jumlah pasien COVID-19 saat ini.

Saat catatan kalian sudah terkirim, dia tidak akan tampil secara publik di Twitter. Jadi saat tweet terkirim, kalian tidak akan melihat catatan yang tadi dibuat.

Lalu ke mana larinya catatan ini? Catatan yang kalian tambahkan bakal muncul di situs web publik Birdwatch (sementara ini hanya tersedia di AS). Di sana kalian juga bisa melihat catatan yang dibuat orang lain lho.

Untuk sementara ini, belum tahu kapan fitur ini diluncurkan secara global. Namun kelihatannya sebentar lagi kita akan melihatnya. Sebab fitur ini sudah masuk tahap uji coba.

    %d blogger menyukai ini: