Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Bantuan untuk Akun Instagram Kena Hack Resmi Hadir, Ampuh Lawan Hacker!

akun instagram kena hack
Sumber: PC Tech Magazine
Indri Penulis

Fitur bantuan untuk akun Instagram kena hack akhirnya resmi hadir. Fitur yang satu ini diklaim ampuh buat lawan hacker bandel lho!

Instagram mungkin adalah salah satu media sosial terpopuler di dunia. Bahkan jumlah penggunanya saja sudah tembus miliaran orang.

Tapi menjadi raksasa media sosial belum menjamin Instagram aman dipakai. Serangan hacker hingga kini masih menjadi salah satu masalah yang seolah nggak pernah ada habisnya.

Hampir setiap saat, Instagram mendapat laporan bahwa akun pengguna mereka diretas oleh pihak nggak bertanggung jawab. Untuk mengatasi hal tersebut, Instagram kini menghadirkan fitur bantuan untuk akun Instagram kena hack.

Cara Kerja Fitur Bantuan untuk Akun Instagram Kena Hack

Sebenarnya selama ini Instagram sudah memberikan saran kepada pengguna, kalau ingin akunnya aman. Contohnya dengan menggunakan kata sandi yang kuat, sampai mengaktifkan otentikasi dua faktor.

Tapi ternyata kemampuan hacker ‘zaman now’ sudah lebih cerdas dari Instagram. Sehingga walaupun sudah menerapkan saran dari Instagram, nggak sedikit akun Instagram kena hack.

Untuk melindungi akun Instagram kena hack, Instagram bikin fitur bantuan untuk akun Instagram. Fitur tersebut tidak berada di dalam aplikasi Instagram. Tapi kamu bisa mengaksesnya lewat URL Instagram.com/hacked atau klik di sini.

akun instagram kena hack
Sumber: Instagram

Fungsinya apa sih fitur tersebut? Jadi kalau misalnya kamu nggak bisa login ke akun Instagram-mu, kamu bisa masuk ke Instagram.com/hacked di ponsel atau browser desktop-mu.

Selanjutnya, kamu bisa pilih beberapa opsi sesuai masalah yang terjadi. Beberapa opsi yang bisa kamu pilih adalah akun di-hack, lupa kata sandi, kehilangan akses ke otentikasi dua faktor, atau akunmu dinonaktifkan.

Dari sana, kamu cuma perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan Instagram. Kalau kamu punya beberapa akun cadangan yang menyimpan informasi login-mu, kamu bisa pilih akun tersebut untuk memberikan dukungan tambahan.

Baca Juga:  Tutorial Cara Membuat Live Video di Instagram dengan Mudah

Selain itu, Instagram juga masih punya solusi lain buat pengguna yang kehilangan akses akunnya. Setelah sempat diuji awal tahun ini, sekarang pengguna Instagram bisa minta tolong temannya untuk mengonfirmasi identitas mereka.

svg%3E
Sumber: Instagram

Jadi kalau misalnya akunmu terkunci, kamu nggak perlu galau lagi. Kamu tinggal pilih dua teman Instagram-mu. Setelah mereka memverifikasi identitasmu, kamu akan bisa mengakses akun kembali.

Nggak berhenti sampai di situ. Instagram baru-baru ini juga mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan uji coba fitur anti-hack baru.

Pertama, Instagram sedang menguji coba akun yang menurut sistem berbahaya. Contohnya akun yang menyamar jadi orang lain. Tapi sebelum menghapus akun tersebut, Instagram bakal mengirim pesan peringatan ke akun tersebut.

fitur bantuan untuk akun instagram kena hack
Sumber: Instagram

Selain itu dalam beberapa bulan mendatang, Instagram juga bakal mengirim peringatan ke akun bodong ‘spesial.’ Pesan peringatan tersebut ditujukan untuk akun bodong yang menyamar jadi akun bisnis, dan mereka sering mengirim DM penipuan ke orang lain.

svg%3E
Sumber: Instagram

Terakhir, Instagram berencana menyebarkan lencana centang biru ke lebih banyak pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa benar-benar tahu mana akun asli dan mana yang sebaliknya. Selain bisa di cek lewat profil, lencana centang biru rencananya bakal bisa dilihat lewat Stories dan DM.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]