6 Fitur Baru Android yang Bikin Ponsel Lebih Aman dan Nyaman

Google telah menambahkan beberapa fitur baru ke Android. Fitur-fitur ini diklaim mampu membuat ponsel lebih aman dan nyaman.

Beberapa waktu lalu, Android telah mendapatkan fitur anyar dari Google. Seperti fitur Emoji Kitchen dan audio book yang dinarasikan langsung ke pengguna Android.

Sekarang, Google kembali membawa deretan fitur baru ke Android yang lebih fokus ke keamanan dan kenyamanan pengguna. Apa saja fiturnya?

Deretan Fitur Baru Android

Password Checkup

Di Android, kamu bisa menyimpan sandi ke akun Google. Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat dan mudah untuk masuk ke aplikasi atau layanan yang pakai Autofill.

Agar lebih aman, Android 9 ke atas sekarang punya fitur Password Checkup. Fitur ini akan memberi tahu kamu, kalau kata sandi yang kamu pakai telah dibuka sebelumnya.

Sekarang kamu bisa masukkan kata sandi ke aplikasi ponsel menggunakan Autofill dengan Google. Selanjutnya, Google akan memeriksa apakah kata sandi sudah pernah dibobol atau belum.

Kalau kata sandi kemungkinan pernah dibobol orang lain, Password Checkup akan memberi tahu dan memandu kamu untuk memeriksa kata sandi dan mengubahnya.

Schedule Send Message

Sesuai namanya, fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan sesuai jadwal. Kamu bisa membuat pesan lebih dulu, lalu menjadwalkan pengiriman sesuai selera. Bisa beberapa jam lagi, atau di hari yang berbeda.

Sumber Gambar : Google Blog

Cukup tulis pesan seperti biasa. Lalu tahan dan tekan tombol kirim untuk memilih tanggal dan waktu pengiriman. Mudah kan?

Talkback

Buat pengguna Android tunanetra atau yang sulit melihat tampilan, Google hadirkan versi baru Talkback. Versi baru pembaca layar Android tersebut kini menyediakan fungsi spoken feedback dan gestures lho.

Sumber Gambar : Google Blog

Jadi kini pengguna tunanetra bisa memakai aplikasi ponsel sepenuhnya tanpa perlu melihat layar. Ada fitur tambahan yang bakal sangat membantu pengguna tunanetra. Seperti fitur gestures yang lebih intuitif, menu terpadu, menu kontrol membaca yang baru, dan masih banyak lagi.

Pembaruan Google Assistant

Sekarang Google Assistant memungkinkan kamu memakai ponsel Android secara handsfree. Kamu bisa menelepon, menyetel timer atau alarm, memutar musik, dll, hanya lewat suara.

Google Assistant yang baru kini akan tetap bekerja meski ponsel terkunci, atau saat ponsel ada ruangan berbeda. Untuk memakainya, kamu cukup ucapkan “Hey Google, play pop music on Spotify (misalnya).”

Untuk mendapatkan hasil maskimal dari Assistant saat ponsel terkunci, cukup aktifkan Lock Screen Personal Result di pengaturan Assistant. Lalu ucapkan “Hey Google” untuk mengirim pesan teks dan melakukan panggilan.

Dark Mode Google Maps

Fitur dark mode atau tema gelap sebentar lagi akan hadir di pengguna Android seluruh dunia. Fitur ini akan membuat mata kamu lebih nyaman saat memakai Google Maps, khususnya saat berada di tempat gelap.

Sumber Gambar : Google Blog

Cukup buka aplikasi “Google Maps > Settings > Theme > Always in Dark Theme.” Kalau kamu ingin mengubahnya jadi mode cerah kembali, cukup klik “Always in Light Theme.”

Android Auto

Fitur baru Android Auto membantumu lebih nyaman berkendara. Kini kamu bisa memilih beberapa background yang terinspirasi mobil, untuk mempersonalisasi tampilan mobil kamu.

Untuk perjalanan yang lebih lama, kamu dan penumpang bisa tetap terhibur dengan game yang bisa diaktifkan dengan suara seperti trivia. Cukup ucapkan “Hey Google, play a game” untuk memulai.

Android Auto juga memungkinkan kamu menggunakan Google Assistant untuk memeriksa cuaca, dll, hanya dengan mengetuk ikon di layar mobil kamu.

Buat mobil dengan layar yang lebih lebar, kamu akan melihat layar terpisah yang menampilkan tampilan screen time dari Google Maps dan kontrol media.

%d blogger menyukai ini: