Mengintip Berbagai Fitur Baru Android 12 Yang Akan Hadir

android 12

Google sudah merilis versi Developer Preview untuk Android 12 yang membawa fitur baru dan akan rilis tahun 2021. Setelah melalui beberapa bocoran, kini kita sudah bisa melihat sedikit lebih jauh sistem operasi terbaru ini.

Secara umum, sistem operasi terbaru ini membawa tampilan antar muka yang lebih baru dan disebut sebagai ‘Material NEXT design’. Rancangan ini akan lebih fokus pada interaksi manusia, termasuk penggunaan yang lebih mudah dan fokus pada sisi komunikasi.

Karena ini merupakan versi Developer Preview yang pertama, berbagai tampilan dan fitur yang ada bersifat belum pasti. Jadi bisa berubah seiring perjalanan waktu, bahkan bisa tidak jadi hadir saat rilis resmi.

Menurut Google, tahap Developer Preview akan berjalan sekitar 3 bulan mulai bulan Februari ini, untuk kemudian dilanjutkan dengan tahap Beta selama 4 bulan. Akhirnya, versi final akan dirilis pada paruh kedua tahun 2021.

Fitur Baru dari Android 12 Developer Preview

Dalam rilisan ini, Google memberikan informasi beberapa perubahan yang terjadi untuk para pengembang aplikasi.

  • Navigasi gestur lebih baik di mode imersif
    Navigasi untuk aplikasi yang tampil dengan layar penuh akan lebih sederhana dan konsisten. Termasuk mencegah sentuhan tidak sengaja dan hanya sekali geser untuk keluar aplikasi.
  • Beberapa notifikasi bisa hadir lebih cepat
    Notifikasi yang punya tombol tindakan dan yang berhubungan dengan perangkat lain bisa muncul lebih cepat. Di sisi lain notifikasi bisa muncul lebih lambat bila tindakan di layar dianggap lebih penting.
  • Dukungan masukan konten lebih baik
    Aplikasi akan bisa mendapat konten dari clipboard, keyboard, atau drag and drop. Jadi nanti pengguna bisa memindah informasi atau data (foto atau video) dengan lebih mudah.
  • Dukungan media lebih luas
    Android 12 kini mendukung peralihan codec HEVC (H.265) dan HDR (HDR10 dan HDR10+) dari rekaman video di perangkat ke penyimpanan dalam bentuk AVC (H.264). Lalu Android 12 juga memiliki dukungan format gambar AV1 (AVIF) yang punya kualitas lebih baik tapi ukuran berkas lebih kecil dibanding JPG. Kemudian dukungan untuk gambar animasi berformat GIF dan WebP juga lebih baik.
  • Efek haptic dari audio
    Aplikasi Android 12 bisa memicu haptic feedback dari audio yang ada. Jadi bisa muncul getaran untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik, misalnya ketika main game atau identifikasi telepon penting dari orang tertentu.

Di samping beberapa perubahan yang “tidak langsung nampak” di atas, Android 12 Developer Preview juga menunjukkan beberapa perubahan dan fitur baru yang bisa dirasakan oleh pengguna.

Tampilan Notifikasi dan Setelan Cepat

Secara umum tampilan notifikasi dan setelan cepat masih relatif sama dengan Android 11. Namun ada beberapa perubahan kecil seperti transparansi latar belakang dan tombol ‘Tunda’ di sudut kanan yang sebelumnya kita lakukan dengan menggeser sedikit notifikasi.

gambar: Android Central

Tombol di Setelan Cepat yang tidak aktif menunjukkan warna kebiruan dibanding abu-abu seperti sebelumnya. Warna aksen kebiruan ini diduga mengindikasikan dukungan pengaturan warna tema di Android 12 (namun saat ini belum terlihat setelannya).

Mode Satu Tangan

Google menerapkan mode satu tangan di Android 12 dengan tampilan turun ke bawah (bagian atas kosong).

gambar: Mishaal Rahman (XDA Developers)

Lalu ada pula fitur “Silky Home” yang mengubah tampilan halaman Setelan secara drastis. Judul halaman beserta ikon dan teks berukuran jauh lebih besar, sehingga mudah digunakan dengan satu tangan.

gambar: Mishaal Rahman (XDA Developers)

Tangkapan Layar Panjang dan Editor Baru

Nantinya pengguna bisa melakukan tangkapan layar panjang (untuk konten lebih dari satu layar). Saat ini fungsi ini masih belum bekerja sempurna, namun sudah ada. Kemudian pengguna juga bisa melakukan edit tangkapan layar itu dengan menambah teks atau emoji.

Edit Saat Berbagi Gambar

Selain bisa melakukan edit gambar di tangkapan layar, kamu juga bakal bisa melakukannya ketika mau mengirim gambar.

Kontrol Media yang Ada di Notifikasi

Di Android 12, kamu bisa mengontrol aplikasi media apa saja yang bisa hadir sebagai panel di area notifikasi. Tampilan panel media ini juga nampak lebih besar dari sebelumnya.

gambar: XDA Developers

Ubah Ukuran PiP Lebih Mudah

Seperti yang rumor sebelumnya, Google menerapkan PiP dengan lebih baik. Yaitu kita bisa mengubah ukuran dengan gestur cubit dan rentang. Ini lebih baik dari menggeser pinggir jendela di Android 11.

Berbagi Wi-Fi

Ini menarik. Dengan fitur Nearby Share, di Android 12 kamu bisa berbagi password Wi-Fi ke perangkat lain. Hal ini akan mempermudah perangkat baru untuk memakai jaringan Wi-Fi yang sama.

SOS untuk Kondisi Darurat

Google membawa fitur yang dulu hadir di ponsel Pixel secara lebih luas. Di Android 12, terdapat pilihan untuk membuat panggilan dan memainkan alarm dalam kondisi darurat. Fitur ini bisa berfungsi melalui deteksi kecelakaan (baru tersedia di negara tertentu) atau ketika kamu memencet tombol Power 5 kali.

%d blogger menyukai ini: