5 Fitur Baru Facebook Diumumkan Di F8 2018

f8 2018 mark zuckerberg

Di konferensi F8 2018, Facebook mengumumkan berbagai fitur baru yang akan datang. Termasuk berbagi ke Stories dari aplikasi lain dan layanan Kencan. Yuk kita lihat fitur baru Facebook selengkapnya.

F8 merupakan sebuh acara tahunan yang diselenggarakan oleh Facebook. Di acara ini, biasanya Facebook memperkenalkan fitur atau teknologi baru. Sehingga pengembang dan perusahaan yang membangun produk dan layanan berbasis Facebook bisa segera mengadaptasinya.

Tahun ini Facebook meluncurkan fitur baru, memperluas integrasi layanannya, juga memberi pengguna kemampuan untuk mengatur integrasi itu dengan lebih baik.

1. Hapus Riwayat

Facebook akan memberi fitur Clear History. Sebuah fitur untuk melihat situs web dan aplikasi apa saja yang mengakses data personal di Facebook, menghapusnya, dan mematikan penyimpanan data personal sehubungan dengan integrasi tersebut.

Langkah ini merupakan respon Facebook terhadap kasus Cambridge Analytica.

2. Berbagi ke Stories

Facebook akan memberikan integrasi dari aplikasi lain ke Stories. Sehingga kamu bisa berbagi konten dari aplikasi favoritmu langsung ke Stories. Misalnya, berbagi lagu yang sedang kamu dengarkan di Spotify. Kamu bisa mengedit tampilan Stories dari aplikasi lain seperti biasa. Termasuk memberi stiker, emoji, dll.

Yang menarik, kamu tidak perlu masuk dengan akun Facebook atau Instagram di aplikasi tersebut untuk bisa berbagi konten.

berbagi ke stories jadi fitur baru facebook
Berbagi dari Spotify ke Facebook Stories

3. Akses ke Grup Lebih Mudah

Facebook akan menambahkan tab khusus untuk Grup. Dengan tab ini, kamu bisa lebih mudah mengakses berbagai grup yang kamu ikuti. Kamu bisa menemukan grup baru, bergabung, dan segera berinteraksi dengan anggota grup lebih cepat.

4. Layanan Kencan

Nantinya, kamu bisa mencari gebetan di Facebook. Ya, layanan ini seperti Tinder, tapi di dalam Facebook.

Dengan fitur baru Facebook ini, kamu bisa membuat profil untuk kencan yang terpisah dari profil biasa. Dengan begitu, kamu bisa mendapat saran match berdasarkan pilihan yang kamu buat di profil tersebut, kesukaan / hobi yang sama, dan teman yang sama di Facebook.

Informasi dan kegiatan di fitur Kencan ini bersifat lebih personal. Kegiatan yang dilakukan di fitur kencan tidak akan ditunjukkan ke teman Facebook lain.

Facebook dating
Fitur kencan Facebook

5. Menambah Fitur Penanggulangan Krisis

Tahun lalu Facebook membuat fitur Penanggulangan Krisis. Fitur ini ditujukan untuk menanggapi kondisi darurat. Sehingga kamu bisa mengaktifkan Pemeriksaan Keselamatan, mendapat bantuan, dan menggalang dana.

Facebook menambah fitur di Penanggulangan Krisis dengan kemampuan berbagi yang lebih cepat β€” seperti upload foto dan video kerusakan jalan, dll β€” sehingga informasi lebih cepat sampai dan bantuan bisa segera didapat.

Selain itu, Facebook juga menambah fitur Donor Darah di beberapa wilayah seperi India, Pakistan dan Bangladesh. Pengguna bisa mendaftar sebagai pendonor di Facebook. Bukan tidak mungkin fitur ini akan berlaku di wilayah lainnya.

More Stories
aerial drone
4 Kompetisi Foto dan Video dari Drone Yang Bisa Kamu Ikuti