Fitur Baru Google Assistant – Bisa Buat Catatan untuk Pengguna

Google telah membawa banyak perubahan ke Google Assistant. Kali ini, Google menambah fitur baru ke Google Assistant berupa pembuat catatan.

Google telah membuat banyak aplikasi untuk meningkatkan produktivitas. Dimulai dari Google Keep, Google Hangouts, Google Assistant, dll.

Nah, salah satu aplikasi yang akan saya bahas kali ini adalah Google Assistant. Aplikasi ini kerap digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari atau pun meningkatkan produktivitas.

Baru-baru ini, Google selaku pengembang aplikasi tersebut telah menghadirkan fitur baru. Fitur baru ini memungkinkan Google Assistant membuat catatan untuk pengguna.

Sumber Gambar : Ars Technica

Tentang Fitur Catatan Google Assistant

Pekerjaan yang menumpuk ada kalanya bisa membuat pikiran jadi blank. Bukannya ingat tugas-tugas yang harus dikerjakan, kita justru malah tidak sengaja lupa dengan tugas tersebut.

Supaya tidak lupa dengan pekerjaan yang ada, maka kita butuh yang namanya catatan. Catatan bisa berupa apa saja, baik itu buku kecil hingga catatan yang ada di ponsel.

Untuk membuat catatan di ponsel, beberapa orang biasa menggunakan aplikasi catatan pihak ketiga. Beberapa aplikasi catatan yang biasa digunakan adalah Google Keep, Recall, Simplenote, dll.

Namun selain menggunakan aplikasi di atas, sekarang kalian bisa menggunakan Google Assistant lho. Ya. Sebab kini aplikasi tersebut punya fitur baru pembuat catatan bernama ‘Notes.’

Selain membuat catatan, Google Assistant juga bisa membuat daftar kerja. Bahkan fitur tersebut telah terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga juga lho.

Fitur Notes telah terintegrasi dengan Google Keep, Any.do, Bring! dan AnyList. Oya, fitur ini juga bisa digunakan dari ponsel, speaker, hingga smart display.

Sumber Gambar : On Mobi

Cara Kerja Fitur Notes

Sebelum menggunakan fitur Notes, kalian perlu menyetel layanan catatan sebagai default. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk menyetel fitur catatan:

  • Buka aplikasi Google Assistant di ponsel.
  • Klik tabService’ di pengaturan Google Assistant.
  • Setelah itu pilih menu ‘Notes and Lists.’
  • Selanjutnya, tap layanan untuk menyetelnya sebagai default.
  • Untuk mengkonfirmasi perintah, ketuk tombol ‘Next.’

Sementara untuk membuat catatan, kalian cukup mengucapkan ‘Ok Google.’ Atau kalian bisa sentuh lama tombol layar utama untuk bicara dengan Assistant.

Selanjutnya, ucapkan perintah seperti ‘buat catatan.’ Selain itu, kalian bisa buat perintah lain seperti ‘buatkan daftar hadiah liburan’ atau ‘tambahkan apel ke daftar belanjaan saya.’

Setelah mengucapkan perintah ke Google Assistant, maka fitur catatan akan bekerja. Otomatis apa yang kalian perintahkan akan masuk ke dalam catatan.

%d blogger menyukai ini: