Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Twitter Umumkan Fitur Komunitas Untuk Pengguna Dengan Minat Sama

Twitter Communities
Anom Penulis

Twitter mengumumkan fitur terbaru yang mereka beri nama Komunitas (Communities). Fitur ini bertujuan agar pengguna dengan minat sama bisa ngobrol dalam satu tempat.

Memang di Twitter kita bisa mengikuti topik tertentu. Namun ketika kita membuat tweet soal topik itu, tweet akan muncul di lini masa dan bisa dilihat oleh publik.

Fitur Komunitas berbeda. Kalau kamu bergabung dan membuat tweet untuk Komunitas tertentu, maka tweet tersebut hanya akan muncul di lini masa Komunitas bersangkutan, jadi tidak ke semua follower-mu.

Boleh kita bilang kalau fitur Komunitas di Twitter ini mirip dengan Grup di Facebook atau seperti Reddit.

Twitter juga sudah meluncurkan akun @JoinCommunities yang mempublikasikan fitur tersebut.

Seperti yang ada di pengumuman itu, fitur ini baru dalam tahap uji coba pada sebagian pengguna iOS dan web. Sementara uji coba untuk pengguna Android akan menyusul.

Nantinya, pengguna bisa mengakses fitur ini melalui tab Komunitas. Kemudian di sana akan tampak beberapa komunitas tempat mereka bergabung.

Kemudian, tiap komunitas juga akan memiliki moderator yang bertugas menjaga obrolan. Termasuk juga mengundang dan mengeluarkan anggota komunitas Twitter bersangkutan.

Bicara soal anggota, saat ini — bahkan untuk mereka yang bisa melihatnya — bergabung ke sebuah komunitas masih membutuhkan undangan dari moderator atau anggota yang sudah masuk.

Lalu, ketika kamu mau membuat tweet, akan ada pilihan untuk siapa tweet itu. Apakah untuk semua orang (follower-mu) atau ke komunitas tertentu.

Baca Juga:  Twitter Perluas Uji Coba dengan Tambah Opsi Baru ke Fitur Status

Sebagai media sosial, Twitter sebenarnya adalah tempat yang asik. Terutama karena tingkat aktualitasnya yang tinggi. Namun Twitter juga cukup kepayahan mengejar persaingan fitur yang gencar dikeluarkan media sosial lain.

Toh Twitter berusaha menambah berbagai fitur baru. Sebut saja Space. Walau, yah… ada juga yang gagal, seperti Fleet.

Terus terang, fitur Komunitas di Twitter ini tampak menarik. Karena selain bisa ngobrol dengan orang-orang yang “lebih nyambung,” tweet juga tidak akan “mengotori” lini masa.

Bagaimana menurutmu? Apa kamu tertarik dengan fitur ini?