Belum Genap Setahun, Twitter akan Tutup Fleets 3 Agustus Nanti!

Ucapkan selama tinggal buat Fleets guys! Karena meski belum genap setahun diluncurkan, Twitter akhirnya putuskan untuk tutup fitur Fleets.

Fitur Fleets pertama kali diluncurkan di Twitter pada November 2020. Fleets pun dikemas sedemikian rupa agar menyurai Instagram Stories. Selain bisa menghilang setelah 24 jam, Fleets juga dibekali beberapa animasi menarik agar tweet sementara yang dibikin lebih keren.

Waktu itu harapannya, fitur Fleets bisa membuat orang-orang lebih betah berlama-lama dan berinteraksi di Twitter. Tapi dari kurun waktu peluncuran sampai sekarang, antusiasme pengguna Fleets tak mampu ‘membludak’ seperti Instagram Stories.

Bahkan menurut Ilya Brown, Kepala Iklan Produk, Merek & Video Twitter, jumlah pengguna Fleets tak mengalami peningkatan seperti yang mereka harapkan.  Akhirnya pada 14 Juli 2021, Twitter umumkan secara resmi kalau mereka akan menutup fitur Fleets. Fitur ini tutup mulai tanggal 3 Agustus 2021.

Nanti mulai tanggal 3 Agustus 2021, pengguna Twitter hanya akan melihat Space (ruang obrolan suara di Twitter) aktif di bagian atas timeline mereka. Dulunya tempat ini digunakan untuk menampilkan Fleets bikinan pengguna.

Karena fitur Fleets dihilangkan, sebagai gantinya, Twitter akan mengalihkan berbagai fitur Fleets ke tweet tradisional. Katakanlah seperti fitur pengeditan kamera, fitur pemformatan teks, hingga stiker dan GIF di atas foto.

Sebenarnya menutup fitur Fleets saat ini memang terbilang mendadak. Apalagi fitur ini baru diluncurkan secara luas ke semua pengguna Twitter bulan November tahun lalu, dan bahkan Twitter sempat menguji iklan vertikal di dalamnya. Kini, belum jelas apakah iklan tersebut akan tampil di bagian lain aplikasi atau tidak.

Padahal kalau melihat dari bocoran sebelumnya di mana Twitter rumornya mengembangkan fitur Related Fleets, sepertinya Twitter terlihat bersungguh-sungguh mengembangkan fitur ini.

Karena mereka memutuskan untuk menutup Fleets, mungkin kita tak akan bisa melihat fitur Related Fleets seperti rumor sebelumnya.

Apakah ini benar-benar akhir dari segalanya? Mungkin kalau dari segi “Fleets,” iya. Tapi Twitter menjanjikan meski mereka menutup fitur Fleets, mereka tengah mempersiapkan ‘hal yang lebih besar.’

Jika kami tidak mengembangkan pendekatan dan mengurangi fitur sesekali, sama saja kami tidak mengambil peluang yang lebih besar,” kata Ilya Brown.

Kami akan terus membangun cara baru untuk berpartisipasi dalam percakapan, mendengarkan umpan balik, dan mengubah arah ketika mungkin ada cara yang lebih baik untuk melayani orang dengan Twitter,” lanjutnya.

%d blogger menyukai ini: