Sebentar Lagi Kita akan Bisa Menikmati Fitur Belanja di TikTok

TikTok rumornya berencana menghadirkan fitur belanja di dalam platform-nya. Apakah TikTok akan melebarkan sayap mereka ke kancah e-commerce?

Sudah banyak platform media sosial yang disisipkan fitur e-commerce atau belanja di dalamnya. Contohnya seperti Facebook dan Instagram. Kedua media sosial ini sudah lama punya fitur belanja dan telah dipakai banyak penggunanya.

Satu lagi raksasa media sosial yang akan menambahkan fitur belanja ke platform-nya, dia adalah TikTok. Kabarnya, fitur ini memungkinkan kreator mendapat uang dari tautan afiliasi dan sesi belanja live streaming.

Kreator Bisa Dapat Uang dari Fitur Belanja di TikTok

Menurut laporan dari The Financial Times, TikTok akan memberi kreator cara tambahan untuk mendapatkan uang dari aplikasi. Yakni dengan menghadirkan fitur e-commerce yang akan diluncurkan tahun ini.

Nantinya, pengguna TikTok dapat memasukkan tautan produk ke dalam video mereka. Jika penonton mengklik link tersebut dan membeli produk, kreator akan mendapat komisi. Menariknya, kreator tidak membutuhkan kerjasama endorse dengan toko atau merek tertentu.

Di sisi lain, TikTok juga mempertimbangkan fitur ecommerce live streaming. Yap, bisa dibilang ini adalah fitur yang biasa kita lihat di Instagram Reels.

Ke depan, kreator juga dapat mengiklankan (bahkan mendemonstrasikan) produk selama live streaming. Lalu pemirsa dapat membelinya hanya dengan beberapa klik.

TikTok juga mengizinkan brand atau toko mengiklankan semua katalog mereka di aplikasi. Mungkin cara kerjanya mirip dengan fitur katalog yang ada di WhatsApp.

Niat TikTok untuk mengepakkan sayap ke dunia ecommerce sebenarnya sudah agak lama. September tahun lalu, TikTok mengumumkan kemitraannya dengan TeeSpring. Kerja sama ini memungkinkan kreator menjual barang dagangan mereka sendiri di aplikasi.

TikTok juga bergabung dengan Shopify di waktu yang hampir bersamaan. Tujuannya untuk memberikan kesempatan pada pedagang untuk membuat kampanya iklan untuk TikTok.

%d blogger menyukai ini: