Fitur Belanja di WhatsApp Bakal Seperti Toko Online

Facebook kenalkan fitur baru yang keren untuk WhatsApp. Lewat fitur tersebut, nantinya kegiatan belanja di WhatsApp bakal lebih gampang dan seperti toko online biasanya

WhatsApp sebagai aplikasi pesan paling populer di dunia terus diperbarui oleh Facebook. Terbukti dalam waktu yang hampir berdekatan, WhatsApp selalu mendapatkan berbagai fitur baru.

Fitur terbaru yang dimiliki WhatsApp adalah sidik jari (untuk tingkatkan keamanan). Kemudian WhatsApp juga dikabarkan akan kedatangan fitur mute chat kontak ‘selamanya.’

Kini ada lagi segelintir fitur baru yang akan dihadirkan Facebook untuk WhatsApp. Salah satu fitur segar ini disebut-sebut mampu mempermudah aktivitas belanja di WhatsApp.

WhatsApp Bakal Punya Fitur Belanja

Fitur belanja ini diumumkan langsung oleh Facebook pada 22 Oktober 2020. Dengan adanya fitur ini, diharapkan kegiatan transaksi jual beli online antara pengguna biasa dan akun Bisnis akan lebih mudah.

Lalu seperti apa cara kerja fitur tersebut? Kalau dilihat dari video di atas, fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp Bisnis menjual barang mereka di katalog.

Sementara pengguna WhatsApp biasa dapat memilih barang yang tersedia dalam katalog WhatsApp Bisnis. Setelah itu, pengguna bisa menambahkan barang tersebut ke keranjang belanja.

Lebih lengkap lagi, pengguna bisa memilih metode pengiriman yang tersedia. Baru setelah itu, pengguna WhatsApp bisa melakukan pembayaran ‘langsung’ dalam aplikasi.

Sebelum mengumumkan fitur ini, Facebook juga sudah meluncurkan fitur Katalog di WhatsApp Bisnis. Hanya saja, sementara ini fitur tersebut baru sekedar katalog untuk memajang produk.

Fitur Katalog belum bisa dipakai untuk kegiatan jual beli. Maka dari itu, Facebook berencana untuk menghadirkan fitur belanja sebagai pelengkap Katalog.

Selain untuk melengkapi katalog, fitur belanja juga akan membantu penjual untuk melayani pembeli selama era pandemi. Sebab di masa pandemi, pelaku bisnis membutuhkan cara yang cepat dan efisien untuk melayani pelanggan.

Oya selain fitur untuk berbelanja, Facebook juga mengumumkan hal lain. Perusahaan mengatakan jika mereka akan memberikan opsi baru di WhatsApp Bisnis, untuk mengelola pesan WhatsApp mereka lewat layanan hosting yang ditawarkan Facebook.

Satu lagi, Facebook mengatakan jika mereka akan mengenakan biaya pada layanan tertentu di WhatsApp Bisnis (mungkin dengan menambah add-on fitur, seperti integrasi layanan pembayaran dan pengiriman). Kebijakan ini ‘katanya’ dilakukan agar WhatsApp Bisnis bisa terus berkembang.

Hm ada-ada saja akal Facebook untuk memonetisasi WhatsApp. Sebelumnya, ada kabar kalau Facebook bakal memasukkan iklan ke WhatsApp.

Namun rencana itu dikecam banyak pengguna. Akhirnya Facebook pun batal melaksanakan rencananya. Sepertinya nanti setelah fitur jual beli resmi dirilis, rencana Facebook untuk memonetisasi WhatsApp bakal terlaksana dan lebih masuk akal.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: