Awalnya Gratis, Facebook Putuskan Akan Monetisasi WhatsApp

Baru-baru ini, ada kabar jika Facebook akan monetisasi WhatsApp. Selain monetisasi, ada pula pembaruan WhatsApp lainnya yang akan terjadi dalam waktu dekat.

WhatsApp adalah aplikasi chat yang telah berjalan selama 10 tahun. Selama kurun waktu itu, WhatsApp telah beroperasi secara gratis. Tapi bagaimana jadinya jika WhatsApp akhirnya dimonetisasi?

Hm, hal tersebut mungkin masuk akal. Mengingat saat ini WhatsApp telah diambil alih oleh Facebook. Jadi tidak heran jika perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu ingin memonetisasi WhatsApp.

Selain monetisasi WhatsApp, masih ada pembaruan lain yang kabarnya akan terjadi dalam waktu dekat. Apa saja itu? Yuk simak informasinya.

Kapan Kah Monetisasi WhatsApp Dilakukan?

Sumber Gambar : Twitter

Wacana monetisasi sebenarnya telah lama dielu-elukan Facebook. Dulu WhatsApp sempat menerapkan biaya langganan satu tahun. Tapi akhirnya hal tersebut dibatalkan.

Kini, monetisasi aplikasi ‘hijau’ tersebut sepertinya bukan sekedar wacana. Apalagi Facebook sebelumnya pernah mengumumkan rencana ini dalam acara Facebook Marketing Summit, Mei 2019 lalu.

Kemudian di awal 2020, seorang analis media sosial, Matt Navarra membocorkan rumor ini. Rumor monetisasi Navarra bocorkan dari akun Twitter-nya.

Dari cuitan tersebut, Navarra menjelaskan kalau WhatsApp akan memiliki iklan. Rencananya, iklan tersebut akan masukkan ke dalam WhatsApp Status (Stories) di tahun 2020 ini.

Kemungkinan besar, iklan WhatsApp bentuknya akan sama dengan yang ada di Instagram Stories dan Facebook Stories. Tapi tidak menutup kemungkinan, iklan akan dibuat sedikit berbeda.

Selain monetisasi, Navarra juga membocorkan jika WhatsApp Bisnis juga akan mendapat pembaruan. Kedepan, WhatsApp Bisnis dikabarkan akan memiliki opsi format pesan yang lebih banyak.

Tidak hanya itu, WhatsApp Bisnis juga akan terintegrasi dengan Facebook Bisnis. Kedepan, katalog produk WhatsApp akan terhubung dengan katalog yang Facebook Bisnis.

Hanya itu saja yang dibeberkan oleh Matt Navarra. Navarra tidak membocorkan waktu pembaruan untuk WhatsApp Bisnis.

Selain itu, perusahaan sendiri belum mengklarifikasi rumor ini. Bagaimana pun juga, ini masih rumor. Kita tunggu saja berita selanjutnya dari Facebook selaku pemilik WhatsApp ya.

%d blogger menyukai ini: