Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Snapchat Kenalkan Fitur Dual Kamera Mirip BeReal, Namun Dengan Sentuhan Agak Berbeda

Indri Penulis

Snapchat perkenalkan fitur baru bernama Dual Kamera. Menariknya, fitur ini rupanya punya cara kerja yang mirip seperti media sosial BeReal.

Popularitas BeReal sebagai media sosial ‘unik’ tak hanya terkenal di kalangan pengguna. Namun keunikan BeReal juga telah mencuri perhatian raksasa media sosial untuk menirunya.

popculture.id

Seperti beberapa waktu lalu, Instagram sempat menguji coba fitur IG Candid. Fitur tersebut punya cara kerja seperti BeReal. Yakni memungkinkan pengguna memotret wajah mereka dan apa yang ada di hadapan mereka ‘saat itu juga,’ menggunakan kamera depan serta belakang ponsel. Semua aktivitas yang dipotret menggunakan kamera asli tanpa filter.

Kini giliran Snapchat yang mengumumkan fitur baru bernama Dual Kamera / Dual Camera. Nah seperti apa cara kerja dari fitur anyar ini?

Sama seperti fitur BeReal, Dual Kamera di Snapchat memungkinkan pengguna menangkap konten dari dua perspektif yang berbeda. Perspektif pertama dari kamera depan, dan satunya dari kamera belakang.

Untuk sementara ini, Dual Kamera baru tersedia untuk semua pengguna aplikasi Snapchat iOS. Snapchat mengonfirmasi jika Dual Kamera tetap akan hadir di aplikasi Android, tapi untuk tanggal pastinya akan menyusul.

Walaupun cara kerjanya mirip dengan BeReal, tapi Snapchat menghadirkan sedikit perbedaan pada Dual Kamera. Dual Kamera memiliki 4 tata letak yang bisa dipakai pengguna. Keempat tata letak tersebut adalah Vertical, Horizontal, Picture in Picture dan Cutout.

fitur dual kamera snapchat

Tata letak Vertical akan menumpuk satu gambar di atas foto yang lain. Sedangkan tata letak Horizontal akan menempatkan dua foto dengan posisi bersebelahan.

Sementara tata letak Picture in Picture akan menampilkan gambar kecil dari kamera selfie di foto utama. Sedangkan tata letak Cutout akan melapiskan foto selfie di atas gambar latar belakang.

Menariknya, Snapchat juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk bebas memilih kamera yang ingin dipakai (untuk tampilan utama dan sekunder). Selain foto, Dual Kamera juga memungkinkan pengguna menangkap video.

Yah walaupun intinya fitur Dual Kamera Snapchat mirip dengan BeReal, tapi strategi Snapchat kali ini patut diacungi jempol. Karena mereka berhasil memberikan sedikit sentuhan berbeda ke Dual Kamera. Apalagi sentuhan-sentuhan tersebut belum ada di BeReal. Inilah yang menjadi pembeda antara Dual Kamera dan BeReal nantinya.

    %d blogger menyukai ini: