Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Google Password Manager Android Resmi Rilis di Aplikasi Chrome Mobile

google password manager android
Sumber: Android Central
Indri Penulis

Fitur Google Password Manager Android sekarang tersedia di aplikasi Chrome mobile. Cek tampilan dan cara kerjanya dalam ulasan berikut ini.

Chrome sampai saat ini masih menjadi salah satu browser tersohor di dunia. Selain sering dipakai sebagai browser bawaan di PC, Chrome juga menjadi browser andalan bagi banyak pengguna ponsel.

Salah satu alasan kenapa Chrome sangat laris sampai sekarang yakni karena browser ini mendukung berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah fitur bernama Google Password Manager.

Sebelumnya, fitur Google Password Manager hanya tersedia di browser Chrome PC. Tapi kabar baiknya, sekarang fitur Google Password Manager Android sudah bisa dinikmati pengguna aplikasi Chrome mobile.

Google Password Manager Android Rilis di Aplikasi Mobile

Sebenarnya fitur Google Password Manager sudah ada sejak Chrome versi 107 diluncurkan. Pembaruan tersebut diluncurkan pada akhir Juni 2022 ke beberapa pengguna.

Sekarang Chrome kembali merilis pembaruan versi 108. Dalam pembaruan kali ini, kelihatannya Chrome  telah mengaktifkan fitur tersebut ke pengguna secara luas.

Kini setelah aplikasi Chrome Android-mu mendapat pembaruan, kamu akan melihat lencana ‘New / Baru’ di setelan Chrome. Lencana tersebut terletak di atas fitur ‘Password Manager.’

Bagaimana cara mengakses Google Password Manager di aplikasi Chrome Android? Gampang banget. Kamu tinggal buka aplikasi Chrome. Setelah itu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar dan pilih “Settings.”

Nah di sana kamu akan langsung melihat menu “Password Manager.” Fitur tersebut bisa kamu temukan tepat di bawah menu Search Engine.

google password manager android

Saat kamu membuka fitur tersebut, UI-nya tampak mirip dengan yang bisa kamu temukan di password.google.com di web. Kamu juga bisa melihat kata sandi website yang tersimpan. Cuma bedanya, kamu bakal diminta untuk melakukan pemindaian sidik jari terlebih dulu.

Baca Juga:  Jadwal Update Android 13 ASUS Zenfone & ROG Phone, Seri Zenfone 9 Kebagian Dulu

Tidak hanya itu, kamu sekarang juga bisa dengan cepat mencari atau menambah username dan kata sandi baru. Sedangkan ikon pengaturan di pojok kanan atas bisa kamu pakai untuk mengaktifkan/menonaktifkan Password Manager.

Jujur saya sendiri tidak sadar (atau mungkin nggak ingat) kalau mendapat update Chrome 108. Tapi yang jelas saat saya bikin artikel tentang cara melihat password yang tersimpan di Chrome beberapa waktu lalu, fitur Password Manager sudah nangkring manis di aplikasi Chrome Android HP saya.

Kamu sendiri bagaimana, sudah cek fitur Google Password Manager Android di Chrome HP-mu? Lumayan lho kalau sudah punya fitur ini. Kamu bisa melihat kredensial login berbagai website dan media sosialmu dengan mudah. Cocok banget buat yang sering lupa kata sandi.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]