Spotify Kembangkan “Group Session” Untuk Dengarkan Musik Bersama

spotify listening together

Spotify mengembangkan sebuah fitur baru yang yang disebut “Group Session” (sesi grup). Fitur membolehkan pengguna mendengarkan musik secara langsung bersama pengguna lain.

Spotify sebelumnya menjelaskan bahwa pandemi Corona sudah mengubah kebiasaan pengguna mendengarkan musik. Salah satu yang meningkat adalah bagaimana pengguna berbagi playlist kolaboratif dan apa yang sedang mereka dengarkan di media sosial.

Hal ini tentu merupakan akibat swa-karantina. Kita selalu mencari cara untuk tetap bisa bergaul dengan teman. Dalam hal ini termasuk mendengarkan musik.

Fitur “Group Session”

Menurut 9to5Mac, Spotify mengembangkan fitur “Group Session” untuk menjawab hal tersebut. Saat ini, fitur ini masih terdapat dalam Spotify versi beta (uji coba).

Fitur ini akan membolehkan dua atau lebih pengguna Spotify Premium untuk mendengarkan musik bersama-sama. Selain mendengarkan secara langsung bersama, pengguna itu juga berbagi kemampuan mengontrol musik. Dengan begitu sisi kolaboratif lebih terasa.

Untuk memakainya, “Penyelenggara” bisa menekan tombol ‘Connect’ di bagian bawah kiri, lalu mengirim kode yang bisa dipindai pada “Tamu”. Kemudian baik penyelengara atau tamu itu bisa mengontrol musik bersama, termasuk untuk ‘play’, pause’, ‘skip’ dan memilih track lagu.

Hm, menarik melihat bagaimana fungsi ini bekerja. Apa pengguna akan berebut memilih lagu? Mungkin ada yang iseng menyetop lagu saat lagi seru-serunya? Hehehe, memancing keisengan juga kelihatannya.

“Mendengarkan Bersama”

Pengembangan fitur itu kelihatannya berjalan seiring kampanye “Mendengarkan Bersama” (“Listening Together“) dari Spotify. Kampanye ini diluncurkan oleh Spotify pada tanggal 7 Mei 2020.

Salah satu bentuk dari kampanye ini adalah sebuah situs yang menampilkan lagu yang sedang didengarkan oleh dua orang bersamaan di tempat berbeda. Di situs tersebut terdapat bola dunia berbentuk 3D yang menampilkan judul lagu, beserta nama kota tempat dua pengguna mendengarkan lagu secara bersamaan (walau tidak kenal).

situs mendengarkan bersama spotify
mendengarkan bersama

Kamu bisa melihatnya di situs Listening Together.

Sebagai salah satu layanan streaming musik dan podcast populer, Spotify memang kerap merilis fitur baru. Kadang tidak terduga, seperti memberi fitur Pet Playlist.

Musik memang seringkali lebih asik didengarkan bersama. Sebenarnya begitu pun di film. Tapi Netflix kelihatannya belum menerapkan hal ini, untuk menonton bersama kita harus pakai ekstensi Chrome ‘Netflix Party‘.

%d blogger menyukai ini: