Cara Mengaktifkan Fitur Champion Highlights di “LoL: Wild Rift”

wild rift hero highlights

Salah satu fitur game “League of Legends: Wild Rift” adalah bisa menyimpan cuplikan bagian pertandingan yang menunjukkan prestasi kita yang disebut dengan ‘Champion Highlights.’ Di sini kami akan menunjukkan cara mengaktifkan, melihat, dan menyimpan ‘Champion Highlights’ tersebut.

Fitur ‘Champion Highlights’ ini tentu saja berguna untuk pamer di media sosial. Fitur ini akan menyimpan cuplikan video berisi adegan pertarunganmu yang epik. Misalnya saat killing spree, shutdown, dll. Rata-rata durasi video ini cukup pendek, di bawah 60 detik atau 1 menit, tergantung panjang pertarungan.

Namun sebelum bisa pamer video highlights ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Kalau kamu belum tahu, yuk ikuti pembahasan ini.

Mengaktifkan Champion Highlights “LOL: Wild Rift”

Untuk bisa memakai ‘Champion Highlights’ di “LoL: Wild Rift,” kamu harus mengaktifkan fitur itu terlebih dulu. Aktivasi ini akan memberi ijin game untuk merekam tampilan layar.

Cara mengaktifkan ‘Champion Highlights’

  1. Buka bagian ‘SETTINGS‘ game “LoL: Wild Rift.”
  2. Masuk ke bagian ‘PLAYBACK.’
  3. Tekan ‘Enable‘ di bagian ‘Champion Highlights’.
  4. Pilih kualitas video di bagian ‘HD Recording‘ (ada Low, Medium, dan High).

Harap kamu perhatikan. Ada peringatan dari Riot Games bahwa mengaktifkan fitur ini mungkin bisa mempengaruhi performa permainan. Entah lag (lambat) atau stuttering (putus-putus). Jadi pertimbangan baik-baik jika spesifikasi ponsel milikmu tidak terlalu tinggi.

Nanti ketika permainan hendak mulai, kamu akan mendapat pemberitahuan kalau proses rekaman akan berjalan (bisa kamu hilangkan kalau mau).

Menyimpan & Melihat Video Highlights

Lalu bagaimana menyimpan rekaman video highlight battle di “Wild Rift”? Video ‘Champion Highlights’ akan tersedia di akhir battle. Tekan tombol video di menu bawah pada halaman statistik pertarungan.

Kemudian, game akan menunjukkan satu atau beberapa video highlights (tergantung momen yang terekam). Tekan tombol ‘SAVE TO DEVICE‘ untuk menyimpannya di ponselmu.

simpan video highlights wild rift

Kalau kamu sudah menyimpan video tersebut, kamu juga bisa melihatnya di Profile > Match History > My Video. Halaman itu akan menunjukkan semua cuplikan video dari berbagai pertandingan.

my video highlights wild rift

Tentu, kamu juga bisa melihat video hasil rekaman ‘Champion Highlights’ lewat galeri smartphone milikmu, tepatnya di folder Wild Rift Highlights.

Alternatif: Replay Battle

Walau fitur ini menyenangkan, ada hal yang kurang saya suka. Yaitu masih ada tampilan tombol permainan. Rasanya kok kayak bukan nonton.

Pilihan lain yang lebih asik adalah membuat rekaman layar dari putar ulang (replay) pertandingan. Tapi yah, cara ini menuntut kamu menonton ulang pertandingan. Bukan masalah, sekalian bisa memeriksa kesalahan yang kamu lakukan selama pertandingan.

Lalu di mana letak fitur replay battle “LoL: Wild Rift”? Fitur replay ada di halaman ‘Match History’. Tekan tombol paling kanan (tombol Play dengan lingkaran berpanah) yang ada pada pertandingan di daftar (kamu juga harus mengaktifkan fitur ‘Champion Highlights’).

Ketika kamu memutar ulang pertandingan, kamu bisa memilih satu di antara tiga pilihan tampilan. Untuk mengeluarkan pilihan itu, tekan tombol setting (tapi terlihat seperti ikon daftar) di pojok kanan atas.

Kamu bisa memilih tampilan Fog of War dan tampilan kontrol (berguna untuk melihat champion lain). Kalau kamu ingin merekam layar penuh tanpa tombol, tekan pilihan ‘INTERFACE SWITCHING’ yang ketiga.

Kalau kamu sudah selesai merekam layar berisi putar ulang pertandingan, silakan edit dan potong video sesuai keinginanmu. Yah, kamu juga bisa crop video berbentuk bujur sangkar jika mau upload di Instagram.


Nah, itulah cara mengaktifkan fitur cuplikan video ‘Champion Highlights’ di game “LoL: Wild Rift”, beserta alternatif rekaman lain. Sekarang giliranmu merekam permainan dan pamer ‘Godlike’ ke teman-teman.

%d blogger menyukai ini: