Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Jadi Fitur Baru, Inilah Yang Perlu Kamu Tahu Soal Instagram Live Room

Indri Penulis

Kali ini Instagram kembali merombak fitur siaran langsung dengan menghadirkan Live Room. Apa itu Live Room, dan apa bedanya dengan fitur siaran langsung yang lama? Yuk kita bahas,

Kalau kita membicarakan soal fitur yang ada di Instagram, pasti sangat banyak ya. Mulai dari Instagram Story, Reels, IGTV, sampai fitur siaran langsung atau Live pun ada di sana.

Nah, bicara soal fitur siaran langsung, hampir semua pengguna Instagram pasti pernah memakai fitur ini. Apalagi buat selebgram yang ingin berinteraksi dengan penggemarnya.

Awalnya, fitur siaran langsung Instagram cuma bisa menayangkan satu orang saja. Kemudian Instagram sedikit merombaknya dengan menghadirkan fitur gabung ke siaran langsung. Jadi orang lain yang disetujui bisa bergabung ke siaran langsung kita.

Fitur ini sekarang menawarkan fungsi lebih luas lagi.

Perbedaan Live Room & Fitur Live Biasa

Melalui laman resminya, Instagram resmi mengumumkan Live Room. Live Room sebenarnya berada di dalam fitur siaran langsung atau Live Camera.

Live Room memungkinkan kalian melakukan siaran langsung di maksimal empat orang (sudah termasuk kalian). Inilah yang membuat Live Room berbeda dengan fitur siaran langsung yang lama (hanya bisa dipakai live satu atau dua orang).

tampilan instagram live room
Sumber Gambar : Instagram

Lalu apa manfaat signifikan yang didapatkan dari fitur ini? Ooo.. Ada banyak. Kalian bisa memakai fitur ini untuk melakukan talk show atau podcast, mengadakan ‘jam session,’ atau berkolaborasi dengan kreator/selebgram lain.

Melakukan live streaming dengan lebih banyak orang diklaim mampu menarik lebih banyak penonton. Followers (kecuali pengguna yang diblokir) dari setiap orang yang berpartisipasi punya peluang melihat ke Live Room. Apalagi mereka akan mendapat notifikasi dari Instagram.

Baca Juga:  Instagram Feed Baru Hadirkan Pilihan Tampilan 'Mengikuti' dan 'Favorit'

Cara Pakai Tidak Jauh Berbeda

Pertanyaannya, bagaimana cara kerja Live Room? Untuk memulai Live Room, swap layar ke kiri dan pilih opsi Live Camera. Kemudian, tambahkan judul dan ketuk ikon Rooms untuk menambah peserta lain.

Sumber Gambar : Instagram

Selanjutnya, kalian akan melihat orang-orang yang telah meminta untuk melakukan Live Room. Kalian juga bisa mencari nama pengguna lain untuk ditambahkan.

Menariknya saat sudah memulai Live Room, kalian akan tetap berada di bagian atas layar saat menambahkan tamu.

Sumber Gambar : Instagram

Sebagai pembuat Live Room, kalian bisa menambah hingga tiga orang sekaligus atau satu per satu. Kalian juga bisa melaporkan dan memblokir komentar, serta memakai filter komentar. Fitur anyar ini akan tersedia secara global untuk pengguna Instagram.

Mungkin untuk sementara ini, Live Room bisa dijadikan alternatif buat yang ingin pakai Clubhouse tapi belum bisa mengaksesnya. Clubhouse memungkinkan kalian melakukan live streaming via suara (tanpa perlu menghadap kamera).

Ya meski cara kerjanya berbeda dengan Clubhouse, tapi tidak ada salahnya mencoba Live Room lebih dulu. Lumayan kan.. Sama-sama bisa live streaming dengan beberapa orang. Cuma bedanya di Live Room kalian harus ada di depan kamera.

Seperti yang kalian tahu, Clubhouse sekarang hanya tersedia untuk iPhone. Namun kabarnya sebentar lagi Clubhouse Android juga akan hadir.