Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Xiaomi Kembangkan Fitur “Top Shot” Seperti Kamera Google

kamera xiaomi mi note 10
Foto: AndroidPIT
Anom Penulis

Xiaomi menaruh perhatian khusus pada kamera smartphone ketika mereka memakai sensor kamera 108MP di Mi Note 10. Xiaomi pun mengejar fitur AI di aplikasi kamera agar jadi lebih baik. Kabar terbaru menyebutkan kalau Xiaomi mengembangkan fitur “Top Shot” seperti di kamera Google.

Untuk yang belum mengetahuinya, fitur “Top Shot” adalah fitur AI di kamera Google yang hadir bersama Pixel 3. Fitur ini akan mengambil beberapa gambar saat kita menekan tombol kamera, lalu menawarkan gambar terbaik.

popculture.id

Teknologi AI akan mengenali beberapa elemen untuk menentukan gambar terbaik itu. Seperti: Kualitas cahaya, atribut tertentu (Apa mata terbuka?), dan elemen lain seperti ekspresi emosi. Selain itu fitur ini juga mempertimbangkan gerakan obyek dan tingkat blur yang ada.

Top Shot di Pixel 3

Pembongkaran APK aplikasi kamera dari versi beta MIUI 12 untuk wilayah Cina menunjukkan beberapa kode pemrograman yang mengindikasikan fitur yang serupa.

<string name="pref_camera_ai_shutter_description">Select best moment automatically when pressing the shutter button</string>
<string name="pref_camera_ai_shutter_title">AI shutter</string>

Seperti bisa kamu lihat dari deskripsi tindakan yang ada, fitur ini akan  memilih momen terbaik ketika pengguna menekan tombol kamera. Lalu, Xiaomi menyebut fitur ini sebagai “AI Shutter.”

Selain bocoran di atas, memang belum ada informasi teknis lain yang lebih detil. Namun kira-kira cara kerjanya tidak akan jauh berbeda.

Perlu diperhatikan bahwa fitur ini masih berada dalam tahap beta. Jadi belum tentu akan dirilis di versi resmi. Walau begitu, cukup menarik melihat perkembangan teknologi AI di kamera Xiaomi.

    %d blogger menyukai ini: