Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

MIUI 12 Resmi Diumumkan! Inilah Berbagai Fitur Menariknya

xiaomi miui 12
Indri Penulis

Xiaomi resmi mengumumkan skin Android terbarunya, MIUI 12. MIUI 12 datang membawa berbagai fitur menarik yang siap memanjakan Mi Fans.

Xiaomi selama ini dikenal mempunyai skin Android mereka sendiri. Skin dari Xiaomi tetap punya cara kerja seperti Android. Hanya saja, mereka memiliki desain yang berbeda.

popculture.id

Contohnya adalah MIUI 11 yang diluncurkan pada tahun 2019. Saat peluncurannya, MIUI 11 menuai respon positif dari Mi Fans. Ya karena fitur-fitur yang dihadirkan MIUI 11 sangat keren.

Setelah lama menemani MI Fans, Xiaomi akhirnya mengumumkan MIUI 12 di China. Setelah beredar banyak rumor tentang skin ini, akhirnya pengguna Xiaomi benar-benar sudah bisa merasakannya.

fitur miui 12
MIUI 12

Apa Saja Fitur yang Dimiliki MIUI 12?

Punya Sederet Animasi Baru

Ada yang menarik dari MIUI 12. Di mana hampir setiap sistem animasi di MIUI 12 telah berubah. Xiaomi mengklaim kalau animasi ini setara dengan tansisi halus di iOS.

Animasi baru bisa kalian temukan di peluncuran dan penutupan aplikasi, rotasi layar, membuka menu โ€˜Recent.โ€™ Oya, animasi juga ada di pengisian daya, statistik baterai, live wallpaper, Notes, dan ikon layar beranda lho.

Gerakan Navigasi

MIUI adalah salah satu skin Android pertama yang mengadopsi gerakan navigasi. Sayangnya, gerakan navigasi MIUI selama ini lebih mirip punya iOS.

Nah, sekarang di MIUI 12, Xiaomi telah mengatur ulang gerakan navigasi yang baru. Kini gerakan navigasi MIUI 12 akan bekerja mirip seperti Android 10.

UI Lebih Datar dan Bersih

Sumber Gambar : XDA-Developers

Secara visual, MIUI 12 memiliki tampilan yang lebih bersih. Bahkan kalian bisa lihat, sekarang ada ruang yang lebih luas antara teks dan gambar.

Selain itu, background MIUI 12 sekarang memakai warna putih yang lebih cerah. Oya, MIUI 12 juga mendapat banyak elemen visual baru, untuk melengkapi informasi yang ditampilkan.

Live Wallpaper dan AOD

Di MIUI 12, Xiaomi telah menambahkan banyak live wallpaper. Selain itu, Xiaomi juga menghadirkan layar AOD yang terinspirasi dari lanskap Bumi, Bulan dan Mars.

Nah, ada putaran menarik nih di live wallpaper. Wallpaper akan menjadi besar (dari tampilan ruang ke angkasa) saat kalan membuka kunci ponsel.

Sementara saat kalian membuka folder, wallpaper bakal menjadi lebih dekat ke permukaan. Wallpaper juga akan ke luar saat kalian menutup folder.

Fitur Privasi

Sumber Gambar : XDA-Developers

MIUI 12 punya fitur privasi baru yang disebut Flare, Barbed Wire dan Mask System. Setiap fitur memiliki fungsinya masing-masing.

Flare akan menyimpan log dari izin dan informasi sensitif yang diakses oleh aplikasi. Selain itu, Flare akan memberi notifikasi berwarna menarik ketika kalian membuka kamera, mikrofon atau lokasi GPS.

Barbed Wire berfungsi untuk memberi izin ke pengguna. Fitur ini akan meminta kalian memberi izin lokasi, mikrofon, atau akses kamera saat akan memakai aplikasi.

Terakhir adalah Mark System. Fitur ini akan mencegah aplikasi yang mencurigakan mengakses informasi penting. Contohnya kontak, kalender, log panggilan, IMEI, dll. Fitur ini juga memungkinkan kalian membuat identitas virtual lho.

Multi-windows dan Picture-in-picture

MIUI 12 juga mendapatkan opsi baru untuk multi-windows lho. Sekarang multi-windows menjadi lebih multitasking dan sekilas mirip OxygenOS-nya OnePlus.

Serunya, MIUI juga mendapatkan jendela obrolan mengambang. Jendela ini akan muncul di aplikasi layar penuh seperti game atau pemutar video.

AI Calling

Fitur ini mirip seperti panggilan layar Google. Fitur AI Calling dirancang khusus untuk pengguna yang ingin melakukan panggilan cepat.

Di fitur ini, percakapan sudah ditranskip agar pengguna bisa memilih salah satu respon AI. Jadi pengguna tidak perlu bicara dengan orang lain. Biarkan AI saja yang berbicara dengan orang lain.

Fitur Kebugaran

Sumber Gambar : XDA-Developers

Fitur ini telah mengalami peningkatan. Uniknya, Xiaomi mengklaim kalau fitur kebugarannya 96% akurat seperti Apple Watch.

Sekarang, fitur kebugaran MIUI 12 tidak hanya untuk merekam langkah kaki. Tapi juga bisa merekam saat lari, berjalan, bersepeda, sampai memanjat tangga setiap harinya.

Oya, Xiaomi juga telah menambahkan pelacak tidur untuk memantau pergerakan kalian sepanjang malam. Fitur ini bakal menilai kualitas tidur mereka.

Jadwal Peluncuran MIUI 12

Pendaftaran MIUI 12 beta dimulai dari tanggal 27 April 2020. Di sisi lain, Xiaomi juga mengumumkan daftar perangkat awal yang bakal mendapat pembaruan MIUI 12 lho.

Batch pertama akan mendapat pembaruan di akhir Juni 2020. Sementara kloter kedua dan ketiga belum diumumkan. Sayangnya ini baru jadwal peluncuran di China. Sementara peluncuran secara global masih menunggu info selanjutnya.

    %d blogger menyukai ini: