Keren! Twitter Space Sekarang Punya Fitur Perekam Obrolan

Indri Penulis

Kini Twitter Space punya fitur perekam obrolan. Lewat fitur itu, Host Space bisa merekam obrolan untuk didengarkan lagi di masa mendatang.

Platform obrolan berbasis audio saat ini memang populer di kalangan banyak orang. Seperti yang kamu tahu, awalnya fenomena ini dipelopori oleh Clubhouse di tahun 2020, atau saat pandemi COVID-19 tengah merebak dan mayoritas orang harus WFH.

Sejak Clubhouse populer, platform media sosial lainnya langsung gercep untuk mengkloning fitur yang ada di dalam Clubhouse. Dan “Space” dari Twitter adalah salah satu kloningan Clubhouse yang paling populer. Apalagi bisa dibilang, perkembangan Space sedikit lebih cepat dibanding Clubhouse (bahkan dulu Space sudah lebih dulu tersedia di Android, sedangkan Clubhouse Android telat datang).

Untuk memperbarui salah satu fitur kesayangannya itu, Twitter kini resmi menghadirkan fitur terbaru di Space. Apa itu? Dia adalah fitur perekam obrolan.

Tentang Fitur Perekam Obrolan Twitter Space

Sebenarnya sebelum fitur perekam obrolan resmi rilis, Twitter pertama kali menguji fitur ini di aplikasi iOS pada bulan Oktober 2021. Bentuk dari fitur tersebut adalah berupa tuas (toggle) perekam.

Dalam pengujian pertamanya, hanya pengguna Twitter iOS yang bisa pakai fitur tersebut. Sedangkan hasil rekaman Space bisa didengarkan oleh semua pengguna Twitter iOS dan Android.

Setelah melewati masa uji coba selama berbulan-bulan, kini Twitter resmi meluncurkan perekam suara untuk Space. Fitur tersebut kini bisa digunakan oleh semua pengguna Twitter Android dan iOS.

Namun walau perekam obrolan tersedia untuk semua pengguna Space, tapi untuk menggunakannya ada syarat khusus. Pengguna harus menjadi Host untuk merekam Space. Nanti saat obrolan sedang direkam, semua peserta ruang obrolan akan melihat tanda khusus. Jadi mereka bakal tahu kalau sedang direkam.

Setelah proses perekaman berakhir, hasil rekaman tersebut akan tersimpan dan bisa didengarkan lagi selama 30 hari (terhitung sejak hari perekaman). Setelah lebih dari 30 hari, rekaman tersebut akan otomatis hilang.

Sayangnya, sampai sekarang aplikasi web Twitter (baik di desktop atau seluler) masih belum bisa dipakai untuk membuat Space atau merekamnya. Pengguna Twitter web hanya bisa mendengarkan Space yang dihosting oleh orang lain. Satu-satunya cara menghosting (dan/merekam) Space di desktop adalah dengan menjalankan aplikasi Android di emulator atau mesin virtual (contohnya BlueStacks).

    %d blogger menyukai ini: