Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Aplikasi Clubhouse Android Muncul di Play Store. Sudah Terlambat?

Indri Penulis

Setelah lebih dari setahun cuma eksklusif di platform iOS, aplikasi Clubhouse Android bakal hadir dalam versi beta.

Fenomena Clubhouse melejit saat pandemi melanda. Melihat popularitas Clubhouse yang menanjak, makanya tidak heran kalau media sosial lain seperti Twitter (dengan Space) dan Facebook mencoba meniru Clubhouse.

popculture.id

Sayangnya ada satu masalah Clubhouse yang selama ini bikin orang-orang jengkel. Yakni masalah ketersediaan Clubhouse. Seperti yang kamu tahu, sudah lebih dari setahun Clubhouse eksklusif buat pengguna iOS.

Memang, sempat ada kabar bahwa Clubhouse bakal buka cabang di platform Android. Namun rumor itu  ‘nganggur’ cukup lama karena belum ada kejelasan apa pun. Mei ini, akhirnya Clubhouse mengonfirmasi kalau mereka bakal menghadirkan aplikasi Clubhouse Android versi beta.

Info Penting Soal Clubhouse Android Versi Beta

Dalam pengumumannya beberapa waktu lalu, Clubhouse mengatakan kalau perkembangan di pasar Android sangat pesat. Bahkan permintaan aplikasi versi Android juga makin tinggi. Maka dari itu, perusahaan memutuskan untuk menghadirkan aplikasi di platform Android.

Untuk sementara ini, Clubhouse baru tersedia dalam versi beta. Karena sifatnya masih beta, jadi aplikasi Clubhouse sifatnya masih undangan terbatas alias belum bisa diakses semua orang. Selain itu, masih ada pula beberapa fitur yang ‘belum tersedia’ dalam versi beta seperti:

  • Mengikuti topik.
  • Localization dan terjemahan dalam aplikasi.
  • Pembuatan atau manajemen klub.
  • Penautan akun Twitter atau Instagram.
  • Memperbarui nama atau nama pengguna di aplikasi.
  • Sidebar.
  • Payment (sementara ini cuma ada di AS untuk iOS).
  • Saat ini kamu bisa melaporkan seseorang dari profilnya. Tapi kamu belum bisa melaporkan orang lain lewat pilihan pembicara (fitur ini akan segera hadir).

Bukan cuma itu, kamu hanya bisa memakai Clubhouse di versi Android 8.0 atau yang lebih baru. Tapi itu tidak masalah, karena sebagian smartphone masa kini sudah beralih ke versi Android yang lebih canggih.

Yah meski pun terlambat, akhirnya Clubhouse membuat langkah yang tepat. Mengingat banyaknya media sosial lain yang berusaha meniru fiturnya, tak menutup kemungkinan kalau pengguna Clubhouse bakal hijrah ke media sosial lain.

Katakanlah seperti Twitter yang baru-baru ini meluncurkan Space. Bagi sebagian pengguna, mereka mungkin bakal lebih suka memakai Space. Kenapa?

Karena mereka bisa melakukan banyak hal di satu aplikasi seperti bisa mengakses Space, buat tweet, bikin story, dll. Sedangkan kalau di Clubhouse, mereka cuma bisa ngobrol via ruang audio. Kalau misal bisa dapat banyak fitur dalam satu aplikasi, kenapa tidak?

Di sisi lain, Clubhouse tak hanya akan fokus ke beta Android. Namun perusahaan juga mengatakan kalau selama musim panas mereka bakal memigrasi jutaan pengguna iOS yang telah masuk ke daftar tunggu.

Sementara itu, sebagai permulaan versi beta diluncurkan ke AS lebih dulu. Lalu diikuti oleh negara-negara berbahasa Inggris, kemudian negara-negara lain di dunia.

Rencananya selama dalam pengujian beta, Clubhouse bakal mengumpulkan umpan balik dari komunitas, memperbaiki masalah yang ada, dan menambah beberapa fitur akhir seperti Payment dan pembuatan klub sebelum aplikasi versi jadi diluncurkan secara global.

Saat ini kamu sudah bisa mengunduh aplikasi Clubhouse versi Android, lalu melakukan pendaftaran sekarang. Nanti, kamu bakal dapat info jika Clubhouse sudah tersedia di wilayahmu.

    %d blogger menyukai ini: