Fakta Menarik Pinterest Idea Pin : Fitur Anyar Pinterest yang Mirip TikTok

Pinterest hadirkan fitur baru “Idea Pin” yang mirip TikTok. Inilah berbagai fakta menarik soal fitur Idea Pin yang perlu kamu tahu.

Sejak kepopuleran video vertikal yang dipopulerkan oleh TikTok, berbagai platform media sosial langsung tancap gas bikin fitur yang sama. Contohnya bisa kamu lihat di Instagram dengan fitur Reel-nya.

Kini yang terbaru ada Pinterest dengan fitur anyarnya yang bernama “Idea Pin.” Fitur ini dibikin khusus buat kreator yang ingin menceritakan ‘kisah’ mereka lewat video, musik, alat pengeditan kreatif, dll.

Fakta Fitur Pinterest Idea Pin

Idea Pin saat ini baru diluncurkan di AS, Inggris, Australia, Kanada, Prancis, Jerman dan Swiss. Itu pun baru ditujukan untuk pengguna akun bisnis. Tapi kemungkinan, fitur ini bakal meluas ke negara lain seiring berjalannya waktu.

Beda dengan Fitur Stories Medsos Lain

Awalnya Idea Pin sempat diuji coba dengan nama Story Pin, dan diluncurkan ke versi beta pada September 2020. Kini setelah resmi diluncurkan, perusahaan mengatakan kalau Idea Pin atau Story Pin yang ‘diganti nama.’

Sumber : Pinterest

Perusahaan juga menjelaskan kalau Idea Pin beda dengan fitur Stories di media sosial lain. Idea Pin lebih fokus pada apa yang tengah dikerjakan pengguna (seperti mencoba ide atau produk baru.) Sedangkan fitur Stories yang ada di media sosial lain biasanya cuma dipakai buat memberikan ‘cuplikan kehidupan pribadi’ pengguna.

Selain itu kalau mayoritas fitur Stories yang ada di media sosial bersifat sementara (setelah 24 jam hilang), maka beda dengan Idea Pin. Di fitur ini, story yang kamu bikin tak akan menghilang setelah jangka waktu tertentu. Justru mereka bisa muncul lewat pencarian dan mekanisme penemuan lainnya.

Cara Kerja Mirip TikTok

Di Idea Pin, kamu dapat mengedit videonya dengan menambahkan sulih suara atau memakai alat transisi ‘ghost mode’ buat menampilkan video before-after. Kamu juga bisa menyimpan draf video yang tadi dibikin.

Sumber : Pinterest

Satu lagi yang bikin Idea Pin mirip TikTok. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyisipkan trek lagu atau audio ke video Idea Pin.

Oya ketika nanti kamu menerbitkan Idea Pin, kamu dapat menambahkan tag topik. Setiap Idea Pin bisa diberi tag (dengan jumlah maksimal 10 tag topik). Tag ini dapat membantu Idea Pin agar bisa dijangkau lebih banyak penonton baik lewat beranda atau pencarian.

Sumber : Pinterest

Meski sebagian fiturnya mirip seperti TikTok, tapi Idea Pin juga masih menyertakan beberapa fitur umum layaknya di Stories. Seperti nge-tag kreator lain dengan ‘@namapengguna.’

Kamu juga bisa menambahkan stiker ke video. Pinterest mengatakan kalau sementara ini hanya ada lebih dari 100 stiker yang tersedia (nanti bakal bertambah). Stiker-stiker ini ada yang bertema makanan, stiker before-after, momen musiman, dll.

Sumber : Pinterest

Untuk durasinya, video yang ada di Idea Pin dapat berdurasi hingga 60 detik dengan total hingga 20 halaman per Pin. Fitur ini sudah bisa kamu pakai di aplikasi versi Android, iOS dan web.

Bakal Bisa Diekspor ke Platform Lain

Sementara ini, Idea Pin masih fokus di Pinterest saja. Artinya, video yang dibuat dari fitur ini baru bisa menjangkau audiens dalam platform saja. Selain itu, saat ini kamu hanya bisa menyimpan Pin di dalam Pinterest saja.

Tapi Pinterest mengatakan kalau mereka bakal menawarkan opsi ekspor. Dengan begitu, kamu dapat berbagi Pin mereka di web atau media sosial lain.

Untuk dapat melakukannya, kamu perlu mengunduh Pin lebih dulu. Sama seperti TikTok, setiap video Pin yang kamu unduh juga bakal menampilkan watermark Pinterest dan nama profil di dalamnya. Setelah video diunduh, kamu bisa membagikannya ke platform lain.

%d blogger menyukai ini: