Instagram Debutkan Fitur Reels Remix, Begini Cara Pakainya

Instagram hadirkan satu lagi fitur yang mirip TikTok bernama “Reel Remix.” Sesuai namanya, fitur ini bisa kamu pakai untuk me-remix video reel.

TikTok memang telah menginspirasi berbagai media sosial. Instagram adalah salah satunya. Media sosial ini cukup sering meniru gaya TikTok.

Contohnya beberapa waktu lalu saat Instagram meluncurkan fitur Reel. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunggah video Story bergaya Vertikal mirip TikTok.

Kini Instagram kembali mendebutkan fitur anyar yang kembar TikTok. Fitur tersebut bernama “Reel Remix.” Fitur ini disebut-sebut kembar dengan Duet milik TikTok lho.

Apa Itu Reel Remix dan Bagaimana Cara Pakainya?

Reel Remix adalah fitur yang memungkinkan kamu me-remix Reel (me-remix video milikmu dengan milik orang lain). Fitur ini sangat populer di TikTok dan biasanya dipakai untuk duet menarik atau bernyanyi. Tapi bagaimana cara memakai fitur ini?

  • Ketuk menu titik tiga yang ada di Reel.
  • Setelah itu pilih ‘Remix this Reel.’
  • Rekam reel seperti biasa atau unggah rekaman yang telah kamu rekam sebelumnya.
  • Edit video-mu lebih dulu (opsional).
  • Kalau kamu tadi merekam reel yang baru, maka remix akan otomatis aktif.
  • Jika kamu memakai video unggahan, kamu perlu mengaktifkan remix secara manual.
  • Untuk mengaktifkan remix manual, ketuk menu titik tiga di video-mu.
  • Pilih ‘Enable Remixing.’
  • Setelah itu, video-mu akan di-remix secara otomatis.
Fitur Instagram Reel Remix
Sumber Gambar : The Verge

Kalau kamu bertanya, apakah fitur anyar ini bisa menyaingi TikTok Duet atau tidak, menurut saya belum tentu. Kenapa?

Instagram dan TikTok sama-sama platform media sosial tersohor. Masing-masing dari mereka punya keunggulannya masing-masing.

Meski Instagram meniru berbagai fitur yang dimiliki TikTok, tapi menurut saya, hal tersebut belum cukup untuk membuat pengguna meninggalkan TikTok.

Ini karena TikTok telah memiliki ciri khasnya sendiri. Menurut saya, platform yang satu ini juga lebih ramah buat konten kreator karena mereka lebih mudah mendapat followers mau pun viewers.

Selain itu, kini TikTok telah menggelontorkan dana  yang sangat fantastis untuk konten kreator. Jadi konten kreator yang memenuhi syarat bisa mendapatkan bayaran setiap bulannya. Makanya jangan heran kalau basis pengguna TikTok makin besar dan penggunanya loyal.

Gimana menurutmu?

%d blogger menyukai ini: