Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Fitur Save Draft di Stories Instagram

Instagram uji coba fitur “Save Draft” untuk Stories. Apa fungsi dari fitur ini dan bagaimana cara kerjanya? Cek info lengkapnya di sini.

Apa sih yang membuatmu betah memakai Instagram sampai sekarang? Apakah fitur feed-nya, atau fitur Stories-nya? Hm, saya rasa, mayoritas pengguna Instagram lebih menyukai fitur Stories. Kenapa?

Sebab jika dibanding fitur Feed, Instagram Stories lebih fleksibel dan kaya akan fitur. Coba bayangkan, kamu tidak mungkin ‘terus memposting’ foto di Feed kan? Hm, kecuali kamu selebgram.

Itu pun tidak bisa setiap puluhan kali dalam sehari. Bisa-bisa akunmu dianggap menyebar spam oleh pengguna lain dan ending-nya followers-mu akan berkurang.

Tapi beda dengan Instagram Stories, kamu bisa mengunggah puluhan story setiap detik dan jangkauan penontonnya akan lebih banyak. Ditambah lagi, kamu bisa menambahkan filter atau stiker di sana.

Instagram Uji Coba Fitur Save Draft di Stories

Meski Instagram Stories sangat menarik, namun selama ini fitur tersebut masih punya satu kekurangan lho. Yakni tidak adanya Draft, atau fitur yang dipakai untuk menyimpan story sebelum mereka dikirim.

Selama ini jika kamu ingin membuat story dan menerbitkannya di lain waktu, kamu harus mengetuk tombol “Save,” dan menyimpannya sebagai foto atau video biasa. Otomatis kamu akan kehilangan tag, stiker, dll, yang terlanjur kamu tambahkan.

Namun sebentar lagi kamu tak perlu repot-repot melakukannya lagi. Sebab Adam Mosseri, kepala Instagram dan Twitter mengkonfirmasi jika platform-nya sedang menguji coba “Save Draft.”

Awalnya, fitur ini dibocorkan oleh leaker Alessandro Paluzzi. Pria tersebut tak sengaja mendapatkan beberapa tangkapan layar dari fitur tersebut dan membagikannya ke Twitter.

Lalu bagaimana cara kerja fitur ini? Sederhana kok. Kamu hanya perlu membuat Story dan klik tombol keluar. Sebelum kamu keluar dari tampilan story, kamu akan disambut dengan tombol “Save Draft,” tepat di samping tombol “Discard” dan “Cancel.”

Kalau kamu mengetuk tombol “Save Draft,” kamu bisa menyimpan story tadi ke folder Draft. Nah, kumpulan story yang kamu simpan disana, bisa kamu akses dan terbitkan kapan pun di Instagram Stories.

Yah, bagaimana pun, fitur ini pasti akan berguna buat banyak pengguna Instagram. Kita tinggal tunggu saja informasi dari Instagram tentang peluncuran fitur ini.

%d blogger menyukai ini: