Fitur Layout Instagram Stories Rilis, Bisa Bikin Story dari Banyak Foto

Instagram telah merilis fitur Layout untuk Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunggah banyak foto di Stories dalam satu bingkai.

Beberapa waktu lalu, Instagram sempat menguji coba beberapa fitur baru untuk Instagram Stories. Beberapa fitur tersebut antara lain New Boomerang, Shoutouts dan juga Layout.

Lalu tanggal 17 Desember 2019, Instagram resmi meluncurkan fitur Layout Instagram Stories. Fitur ini telah diluncurkan secara global.

Lalu bagaimana penampakan fitur Layout yang ada di Instagram Stories? Mari langsung saja simak informasi lengkapnya.

Sumber Gambar : The Verge

Tentang Fitur Layout di Instagram Stories

Fitur Layout Insta Stories sebenarnya hampir mirip dengan โ€˜Layoutโ€™ yang ada di feed Instagram. Pengguna bisa mengunggah beberapa foto ke dalam satu bingkai.

Sebenarnya fitur Layout bukan pertama kali ini muncul. Agustus lalu, opsi Layout telah diuji oleh Jane Manchun Wong. Namun baru di bulan Desember ini, Layout resmi diluncurkan secara global.

Setelah melalui tahap uji coba, kini fitur Layout sudah bisa dinikmati semua pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna Instagram mengunggah maksimal 6 foto dalam satu layout.

Fitur ini mungkin terlihat sederhana. Meski begitu, Instagram mengklaim jika Layout mungkin akan jadi fitur populer kedepan.

Seperti yang kita tahu, selama ini untuk menggabungkan banyak foto dalam satu bingkai, pengguna butuh aplikasi pihak ketiga. Tapi dengan adanya Layout, aplikasi lain mungkin tidak diperlukan lagi.

Bisa dibilang, kehadiran Layout akan memperkuat kekuatan Instagram. Media sosial yang satu ini kemungkinan bisa menggeser penggunaan aplikasi edit foto.

Sebenarnya ini bukan pertama kali Instagram meluncurkan fitur pamungkas. Sebelumnya saat ada fitur Boomerang, Instagram berhasil membuat aplikasi pembuat GIF tidak berguna.

Di sisi lain, Instagram terus mengembangkan fitur Stories, terutama mode Create. Sejak rilis Oktober 2019, opsi Create terus mengalami penambahan seperti mode pengetikan, throwback, dll.

Strategi Instagram dalam menghadirkan berbagai fitur mungkin sangat membantu pengguna. Tapi di sisi lain, posisi aplikasi pihak ketiga juga bisa terancam.