Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

9 Fitur Seru Aplikasi Capcut yang Harus Kamu Tahu

Indri Penulis

Aplikasi Capcut saat ini banyak dipakai untuk mengedit video TikTok. Ini dia beberapa fitur seru aplikasi Capcut yang harus kamu tahu.

Buat pengguna TikTok yang masih newbie, mungkin kamu mengira kalau video-video keren dan kreatif yang ada di TikTok itu di-edit langsung dari aplikasi.

Ya sebenarnya ada yang seperti itu, tapi nggak semuanya juga. Justru sekarang ini nggak sedikit video TikTok yang di-edit pakai aplikasi Capcut.

Capcut adalah aplikasi untuk Android dan iOS, yang dikembangkan khusus untuk melengkapi fitur pengeditan video dasar TikTok. Aplikasi ini bisa dipakai secara gratis dan konon fitur-fiturnya cukup seru. Makanya nggak heran kalau aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta orang.

Nah kalau kamu penasaran sama aplikasi yang satu ini, kamu harus tahu dulu beberapa fitur seru yang ada di aplikasi Capcut ini.

New Project

Fitur New Project bisa kamu temukan di dalam tab Edit. Fitur ini cocok banget buat kamu yang ingin benar-benar meng-edit video dari nol. Di dalamnya juga ada banyak tools menarik, dan inilah beberapa di antaranya (saya ambil yang paling menarik):

Edit

Fitur ini bisa kamu pakai untuk me-resize video. Caranya cukup gerakkan dua jari tanganmu untuk mengatur ukuran video. Di dalamnya kamu juga bakal menemukan fitur Split, Animation dan Remove Background.

Audio

Sesuai namanya, fitur ini bisa kamu pakai untuk menambahkan audio ke dalam video. Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih yakni Sounds (berisi lagu-lagu populer), Effects (berisi efek suara seperti tepuk tangan, suara tawa, dll), Extracted (untuk mengimpor lagu dari HP-mu) dan Voicecover (untuk merekam suaramu sendiri).

Text

Bisa tebak dong fungsinya buat apa? Yap, fitur ini bisa kamu pakai untuk menambahkan teks ke dalam video. Tools di dalamnya cukup lengkap. Kamu bisa bikin teks dalam berbagai jenis font, warna, background, dll. Ada juga fitur Text Template untuk bikin teks dengan animasi cantik.

Effect

Di dalam fitur ini ada dua opsi yakni Video Effects dan Body Effects. Video Effects menyajikan berbagai filter video populer. Sedangkan Body Effects berisi efek AR yang hanya berlaku untuk foto/video manusia.

Filters

Jadi sesuai namanya, fitur ini bakal menampilkan beragam filter yang bisa kamu pakai ke video. Filter-nya cukup beragam seperti Life, Food, Movies, Nature, Retro, B&W, dll.

Adjust

Fitur ini juga cukup menarik. Pasalnya di fitur Adjust kamu bisa mengatur kecerahan, kontras, saturasi warna, eksposur, sampai hightlight video secara manual.

Shortcut

Fitur Shortcut bisa kamu temukan di dalam tab Edit. Lewat fitur ini, kamu bisa bikin video dengan efek animasi dan sound tertentu.

Cara pakainya gampang. Kamu tinggal pilih beberapa video atau foto tertentu. Setelah itu kamu tinggal pilih efek animasi dan audio yang tersedia di sana.

Jujur sebenarnya fitur ini agak praktis sih. Tapi yang nggak saya sukai dari fitur ini adalah setiap kali ganti efek animasi, kita perlu mengunduhnya lebih dulu dan prosesnya cukup lama. Selain itu, fitur ini nggak cocok buat foto atau video potret sebab dia hanya pakai mode lanskap.

Template

Fitur Template terletak di halaman pertama saat kamu membuka aplikasi Capcut. Letaknya ada persis di samping tab Edit. Kalau di tab Edit kamu bisa bikin video dan meng-edit secara manual, maka di fitur Template berbeda.

Fitur Template bakal menyajikan berbagai template video populer, yang bisa kamu pilih sesuai selera. Kamu tinggal pilih template mana pun, lalu masukkan video atau foto ke template tersebut.

Setelah itu video-mu jadi lengkap dengan efek dan audio-nya. Fitur ini cocok buat kamu yang nggak mau repot-repot meng-edit video.