Fitur Stiker dengan Link Instagram Sudah Bisa Dinikmati Semua Orang

Indri Penulis

Hore.. Sekarang kamu bisa menikmati fitur stiker dengan link di Instagram Story lho. Cek di sini buat tahu gimana cara kerjanya.

Awalnya, Instagram menguji coba stiker link pada bulan Juni 2021. Sayangnya saat uji coba, Instagram mengatakan kalau fitur tersebut cuma terbatas pada akun terverifikasi, atau akun dengan jumlah follower tertentu.

Sekarang melalui situs resminya, Instagram mengumumkan kalau fitur stiker dengan link sudah bisa dinikmati semua orang di platform. Jadi nggak cuma buat akun terverifikasi atau yang punya banyak followers.

Terus apa sih gunakan fiturnya stiker ini? Jadi dengan stiker link, kamu bisa menautkan URL (bisnis, website atau produk) ke Instagram Story.

Kalau dulu tautan link di Instagram Story bisa dibuka dengan fitur Swipe-Up, sekarang kamu cukup klik stiker link. Setelah itu kamu bakal dibawa ke link tujuan.

Sumber : Instagram Blog

Bagaimana cara menggunakan stiker tautan Instagram? Gampang banget. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Jepret atau unggah konten ke Story-mu.
  • Pilih tools stiker yang ada di bilah navigasi atas.
  • Selanjutnya klik stiker “Link.”
  • Masukkan URL ke stiker tersebut.
  • Klik tombol “Done” untuk menyimpan pengaturan.
  • Tempatkan stiker ke ceritamu.
  • Klik stiker untuk mengatur variasi warna (opsional).

Untuk sementara ini, kamu akan langsung dibawa ke URL tujuan yang tertera di stiker. Tapi Instagram mengatakan kalau mereka nanti bakal membuat stiker agar bisa menampilkan preview URL tujuan (mungkin mirip seperti yang ada di WhatsApp).

Oya, walau pun stiker bisa dipakai semua orang, tapi Instagram juga bikin batasan buat fitur ini lho. Jadi sebagai upaya untuk membatasi konten berbahaya di Instagram, akun-akun yang sering membagikan konten ujaran kebencian, berita hoax, atau konten lain yang melanggar Pedoman Komunitas nggak bakal bisa mengakses fitur ini.

Untuk mempelajari lebih lanjut soal ketentuan ini, kamu bisa kunjungi halaman Pedoman Komunitas Instagram. Di sana kamu bisa lihat status akunmu, apakah akunmu beresiko melanggar kebijakan Instagram atau nggak.

    %d blogger menyukai ini: