Persis Instagram, TikTok Sekarang Punya Fitur Tanya Jawab

tiktok q&a

TikTok sekarang punya fitur tanya jawab mirip Instagram. Namun fitur ini masih diluncurkan secara bertahap di beberapa negara.

Sekitar Januari lalu, TikTok dikabarkan menguji coba fitur Q&A mirip seperti yang ada di Instagram. Hm, sepertinya TikTok tertarik dengan fitur Q&A di Instagram deh.

Tidak mengherankan memang. Sebab fitur Q&A alias tanya jawab sangat penting buat media sosial masa kini. Fitur ini dapat membantu konten kreator untuk lebih banyak berinteraksi dengan followers-nya.

Setelah melakukan tahap uji coba, TikTok akhirnya meluncurkan fitur tanya jawab secara berkala di beberapa negara. Lalu bagaimana cara kerja fitur ini? Apakah benar-benar mirip dengan Instagram?

Cara Kerja Fitur Tanya Jawab TikTok

TikTok adalah gudangnya para konten kreator. Selama ini setiap pengguna TikTok yang ingin berinterasi dengan konten kreator favoritnya, cuma bisa lewat kolom komentar yang ada di video.

Sekarang interaksi antara konten kreator dengan penggemar dijamin akan lebih akrab. Karena kini di video, pengguna bisa menetapkan komentar mereka sebagai pertanyaan di fitur Q&A. Lalu di kolom komentar, pertanyaan tersebut akan memiliki label khusus.

Sumber Gambar : TikTok

Di sisi lain, konten kreator dapat menanggapi pertanyaan berupa komentar atau video balasan. Konten kreator juga bisa menambahkan komentar Q&A sebagai stiker di tanggapan mereka. Cara Kerjanya mirip seperti di Instagram.

Kalau konten kreator memutuskan untuk membuat video tanggapan, video baru bakal punya tautan kembali ke versi aslinya, tempat pertanyaan pertama kali muncul.

Sumber Gambar : TikTok

Tautan profil Q&A juga akan berada di biografi profil konten kreator, dan mengarah ke halaman Q&A terpisah (tempat semua pertanyaan dan jawaban dikumpulkan).

Pengguna bisa menelusuri pertanyaan dan jawaban sebelumnya, lalu mengirimkan pertanyaan baru langsung dari halaman khusus Q&A.

Sumber Gambar : TikTok

Selain di video biasa, fitur Q&A juga akan tersedia dalam LIVE. Di sini konten kreator bisa melihat pertanyaan Q&A dengan cepat melalui panel terpisah (ada tombol Q&A khusus di bawah panel obrolan).

Inilah yang membuat fitur Q&A TikTok berbeda dengan Instagram. Di Instagram fitur ini cuma Insta Story biasa, tidak ada di fitur LIVE. Berbeda dengan TikTok, kita bisa menggunakannya di video dan LIVE.

@tiktok

The new Q&A feature is now here to help you ask or answer any questions. Try it out now!

♬ original sound – TikTok

Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang memiliki Creator Account/Akun Kreator. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu cukup buka halaman ‘Settings > Privacy > pilih Creator.’

Setelah itu, klik ‘Q&A’ dan tombol ‘Turn on Q&A’ untuk mengaktifkan fitur tersebut. Untuk beralih ke Creator Account, pilih ‘Manage Account > Switch to Creator Account.’

Fitur ini bisa kamu nikmati lewat TikTok versi terbaru. Tapi sampai artikel ini saya tulis, fitur Q&A belum menyambangi Indonesia. Fitur ini masih meluncur secara bertahap di beberapa negara seperti Inggris dan Amerika.

%d blogger menyukai ini: