Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Taskbar Windows 10 “News and Interest” Hadir Beberapa Minggu Lagi

Indri Penulis

Microsoft resmi umumkan fitur Taskbar baru Windows 10 bernama “News and Interest.” Apa fungsi taskbar itu dan bagaimana tampilannya?

Microsoft kali ini membuat langkah yang berbeda. Di masa lalu, fitur Windows anyar biasanya akan muncul sebagai bagian dari versi baru Windows 10. Tapi kali ini, Microsoft menambahkan fitur baru ini ke versi Windows yang sudah ada lebih dari setahun lalu.

Dilansir dari blog resmi Windows, fitur baru ini akan diluncurkan ke pengguna Windows 10 pada versi 1909, 2004, 20H2, dan 21H1 dalam beberapa minggu ke depan. Menjadikannya fitur penting pertama ditambahkan ke versi Windows yang sudah ada.

Tentang Taskbar “News and Interest Windows 10

Sesuai namanya, fitur “News and Interest” akan menempatkan widget di Taskbar Windows 10. Di sana kamu bisa melihat berbagai info seputar cuaca dan berita terbaru dari MSN.com.

Tujuan utama dari fitur ini adalah memungkinkan pengguna Windows 10 mengakses cepat informasi, yang biasanya harus mereka temukan secara manual. Baik info soal cuaca saat ini, berita terbaru, saham,  hingga skor pertandingan olahraga terkini.

Fitur “News and Interest” akan memberikan akses ‘sekali klik’ ke semua informasi di atas, tanpa perlu membuka aplikasi lain. Kalau misalnya pengguna menemukan info menarik di sana tapi tak punya waktu untuk membacanya, pengguna Windows 10 bisa menyimpannya untuk nanti atau membagikannya.

Di fitur ini, kamu bisa mempersonalisasi konten yang ditampilkan dengan mengelola minatmu. Dengan memakai pengelola minat, kamu bisa langsung menunjukkan topik yang kamu minati, atau memilih sumber konten dari daftar yang disediakan Microsoft. Setelah selesai, semua informasi yang tampil bakal sesuai dengan minat dan seleramu.

Baca Juga:  2 Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 atau Windows 7

Serunya lagi, kamu juga dapat mengatur tampilan informasi (berita, cuaca, atau info lainnya) yang akan dimuat dalam “News and Interest.” Mau tampil sebagai ikon atau teks biasa, semua bisa diatur.

Microsoft sendiri telah menguji coba fitur ini dengan Windows Insiders di Dev Channel selama beberapa bulan. Membuat banyak orang percaya kalau itu adalah fitur yang akan diluncurkan sebagai bagian dari pembaruan 21H2 musim gugur ini.

Namun sebaliknya, Microsoft justru mengalihkan kembali fitur tersebut ke versi 21H1 (yang akan dirilis bulan depan), 20H2 dan 2004 (keduanya dirilis sepanjang 2020), dan 1909 (dirilis pada musim gugur 2019).

Lebih lanjut lagi, Microsoft mengatakan kalau “News and Interest” akan mulai muncul di PC pelanggan yang menjalankan versi 2004 dan lebih tinggi selama beberapa minggu ke depan.

Pengguna Windows 10 tidak perlu melakukan apa pun untuk mengaktifkannya. Sebab fitur ini akan muncul dengan sendirinya saat Microsoft siap memberikannya kepada pengguna.

Bagaimana, apa kamu suka dengan fitur baru ini? Atau.. Kamu masih tetap suka menemukan berita secara manual seperti biasa?