Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Windows 10 Punya Opsi Power Baru: Bisa Otomatis Buka Aplikasi Setelah Restart

Indri Penulis

Windows 10 bakal punya opsi baru di tombol Power. Opsi ini bisa otomatis membuka aplikasi setelah pengguna restart Windows 10.

Baru-baru ini Windows Latest melihat tampilan opsi baru di saluran pratinjau untuk Windows 10. Opsi baru itu disebut ‘Restart Apps After Signing In.’

Beberapa aplikasi di Windows 10 telah diberi kode khusus. Kode ini membuat aplikasi-aplikasi tersebut bisa mengingat di mana mereka berada sebelum komputer di-restart.

Sayangnya, masih agak sulit untuk mengaktifkan dan menjalankan fitur anyar itu di Windows 10 ‘sekarang.’ Selain itu, kemungkinan mayoritas pengguna Windows 10 juga tak akan menyadari fitur ini ada.

Opsi Power Baru di Windows 10

Opsi Power baru di menu Start akan memungkinkan kamu untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ‘Restart Apps After Signing In,’ dengan mengklik sebuah tombol.

Saat fitur ini sudah aktif, semua aplikasi yang kompatibel akan menyimpan statusnya ketika kamu mematikan atau me-restart PC (dengan catatan aplikasi masih harus dalam keadaan terbuka).

Opsi Power baru ini akan dirilis bersamaan dengan pembaruan besar Windows 10 Sun Valley. Sun Valley akan menghadirkan pembaruan visual secara menyeluruh ke Windows 10 (termasuk ikon File Explorer baru), dan opsi baru di tombol Power hanyalah sebagian kecilnya saja.

Meski nama opsinya belum tertampang nyata di tombol Power, tapi kamu sebenarnya sudah bisa memakai fitur ini lho.

Untuk mengaktifkannya, kamu tinggal klik tombol ‘Start > Accounts > Sign-in options.’ Setelah itu, scroll layar ke bawah hingga menemukan opsi ‘Restart apps’ dan aktifkan toggle yang ada di bawah opsi tersebut.

Saya sendiri sudah mencoba mengaktifkan fitur ini, dan hasilnya benar-benar nyata. Pertama, saya mengaktifkan fitur ini dulu. Setelah itu beberapa aplikasi saya biarkan terbuka, dan saya langsung restart Windows 10.

Baca Juga:  Cara Reset Windows 10 ke Pengaturan Pabrik Paling Mudah

Hasilnya setelah komputer kembali menyala, semua aplikasi yang saya biarkan terbuka sebelumnya, otomatis terbuka. Tapi tetap saja, saya masih tidak menemukan opsi baru apa pun di tombol Power. Mungkin opsi tersebut akan tampil ketika pembaruan Sun Valley dirilis.