Penampilan Baru Android 12 Bernama “Material You”

Tampilan Android 12

Versi beta Android 12 resmi meluncur di acara Google I/O 2021. Bersamanya Google secara resmi juga mengumumkan perubahan penampilan Android 12 yang mereka sebut sebagai “Material You.”

Sebelum ini kita sudah melihat bocoran tampilan tersebut jauh hari di tahap awal pengembangan dan beberapa waktu sebelum Google I/O berjalan. Perubahan yang kita lihat di situ memang cukup signifikan.

Penampilan baru ini merupakan pengembangan lebih jauh dari desain saat ini yang berbasis Material Design dan akan memiliki penampilan yang lebih personal. Oleh sebab itu, Google menyebutnya sebagai “Material You.”

Penampilan Baru Android 12

Melalui blog resmi, Google menunjukkan berbagai perubahan itu. Sekedar catatan, beberapa hal ini mungkin sudah pernah kamu temui di skin Android buatan produsen smartphone dan mungkin akan berbeda di tiap skin.

Personalisasi Warna

Akhirnya kita bisa menerapkan warna aksen dari wallpaper di layar untuk tampil di Android. Warna pilihan ini bisa muncul di berbagai tempat, seperti: Tirai Notifikasi, Layar Terkunci, kontrol volume, widget baru, dll.

Animasi Lebih Halus

Gerakan animasi di berbagai komponen Android 12 juga lebih bagus dan berjalan lebih mulus. Yah, kamu bisa melihatnya dari semua gambar animasi GIF dari Google yang ada di artikel ini. Animasi di berbagai komponen ini berfungsi menunjukkan interaksi antara tindakanmu dan respon dari sistem operasi.

Tirai Notifikasi dan Setelan Cepat Baru

Salah satu perubahan penampilan yang paling mencolok hadir di elemen sistem operasi, seperti di Tirai Notifikasi dan Setelan Cepat. Seperti yang muncul di bocoran, berbagai elemen ini kini berbentuk persegi dengan ujung melengkung.

Setelan Cepat kini menampilkan berbagai tombol dengan lebih besar, juga menghadirkan fungsi untuk Google Pay dan perangkat smart home.

Informasi Privasi Lebih Mudah Diakses

Saat ini privasi menjadi salah satu isu penting. Lihat saja kehebohan App Tracking Transparency (ATT) di iOS 14.5. Google (yang sering dituding melakukan pelacakan untuk iklan) menampilkan informasi dan kontrol privasi agar lebih mudah di akses.

Misalnya, kamu kini bisa melihat apakah aplikasi memakai kamera atau mikrofon langsung di layar. Google juga menambahkan Dasbor Privasi agar kamu lebih mudah mengontrol pemakaian akses informasi di aplikasi.

%d blogger menyukai ini: