WAJIB TAU! Inilah Deretan Fitur Tersembunyi yang Dimiliki iOS 14

ios 14
gambar: Apple

iOS 14 memiliki sederet fitur tersembunyi yang jarang diketahui penggunanya. Apa saja fitur tersebut? Kalian bisa menemukannya di artikel ini.

Apple resmi merilis deretan OS terbarunya lewat WWDC 2020. Acara yang digelar bulan Juni lalu, sukses memperkenalkan iOS 14, iPadOS 14 dan macOS Big Sur kepada pengguna.

iOS 14 adalah yang paling dinanti oleh penggemar. OS ini hadir membawa sederet fitur baru. Yah, walau pun beberapa fitur iOS 14 mirip Android, tapi itu tidak mengurangi antusiasme penggemar.

Namun tahu kah kalian? Ternyata iOS 14 punya sederet fitur tersembunyi lho. Bahkan fitur ini mungkin belum diketahui penggunanya.

Deretan Fitur Tersembunyi iOS 14

Sound Recognition

Sumber Gambar : MacRumors

Sound Recognition atau Pengenal Suara, adalah fitur Accessibility pengguna yang dibuat untuk mendengarkan lingkungan sekitar.

Saat diaktifkan, fitur ini membuat iPhone bisa mendengarkan suara lain. Contohnya suara air mengalir, alarm kebakaran, gonggongan anjing, tangisan bayi, dll.

Selanjutnya, iPhone bakal mengirim notifikasi kepada pengguna. iPhone akan memberitahu kalau ada sesuatu yang tidak beres. Tapi saat fitur ini diaktifkan, pengguna tidak akan bisa memakai Siri.

Video 4K di YouTube

Sumber Gambar : MacRumors

iPhone dan iPad memang tidak memiliki layar 4K. Tapi dengan iOS 14, kalian bisa menonton video YouTube dalam resolusi 4K. Saat memilih resolusi YouTube, kalian akan menemukan pilihan 4K di dalamnya.

Private WiFi Address

Sumber Gambar : MacRumors

Saat tersambung ke Wi-Fi, kalian bisa memanfaatkan pengaturan jaringan β€˜Private WiFi Address.’ Ini adalah fitur privasi yang mencegah orang lain melacak iPhone saat memakai WiFi.

Fitur ini sebenarnya sudah diaktifkan secara default. Private WiFi Address sangat berguna jika kalian sering menggunakan WiFi publik.

Eye Contact

Sumber Gambar : MacRumors

Eye Contact adalah fitur untuk β€˜menjalin kontak mata alami.’ Jadi fitur ini akan membuat mata kalian seolah menatap lawan bicara di FaceTime, padahal aslinya kalian tidak sedang menatap layar. Fitur ini bisa diaktifkan di FaceTime.

Photo Captions

Sumber Gambar : MacRumors

Fitur ini memungkinkan kalian menambah teks atau caption kepada foto. Tujuannya untuk memudahkan kalian jika ingin mencari gambar tertentu.

Untuk memakai fitur ini, cukup swap foto yang ingin kalian lihat ke atas. Setelah itu, ketuk β€˜Add Text’ dan ketik apa pun yang kalian inginkan.

Kontrol Kamera dengan Tombol Volume

Sumber Gambar : MacRumors

Di iOS 14, kalian bisa melakukan pengaturan kamera lewat tombol volume lho. Misal saat membuka kamera dan kalian tekan tombol volume naik, kalian bisa mengambil beberapa foto sekaligus.

Kalau kalian menahan tombol volume turun saat kamera aktif, kalian bisa merekam video QuickTake. Oya, fitur ini perlu diaktifkan lebih dulu di β€˜Settings’ kamera.

Menyembunyikan Halaman Aplikasi

Sumber Gambar : MacRumors

iOS 14 telah dibekali App Library. Di sini kalian bisa mengatur atau menyusun aplikasi sesuai selera. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menyembunyikan halaman aplikasi.

Caranya, tekan lama layar beranda. Kemudian hapus tanda centang di bawah halaman aplikasi yang ingin kalian sembunyikan.

Back Tap

Sumber Gambar : MacRumors

Back Tap adalah fitur Accessibility yang memungkinkan pengguna mengetuk dua/tiga kali bagian belakang iPhone, untuk melakukan berbagai tindakan. Seperti mengakses App Switcher, Control Center, Notification Center, Lock Screen, Home Screen, dll.

Oya, kalian juga bisa mengubah volume, mengaktifkan Siri, mematikan iPhone, dll, lewat fitur ini. Opsi Back Tap bisa diakses lewat aplikasi β€˜Settings.’ Setelah itu, pilih menu β€˜Accessibility > Touch > Back Tap.’

%d blogger menyukai ini: