Bikin Heboh! Inilah Sederet Fitur iOS 14 yang Meniru Android

Apple telah resmi mengadakan acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020. Salah satu yang diumumkan adalah iOS 14 yang membawa beberapa fitur yang — ahem— sedikit mengingatkan pada Android.

iOS 14 resmi diumumkan sebagai penerus iOS 13. OS ini memang telah dinanti lama oleh penggemar, dan tentunya mereka sangat penasaran tentang apa saja fitur baru yang dibawa iOS 14.

Harus diakui ketika melihat beberapa fitur yang ada di iOS 14, pasti ada yang teringat dengan fitur di Android. Beberapa langsung terlihat nyata, beberapa lainnya tidak terlalu nampak. Bagaimanapun Apple memiliki sentuhan tersendiri.

Fitur iOS 14 yang Meniru Android

Widget di Layar Beranda

sumber gambar: Groid Life

Sebenarnya dari dulu iOS sudah memiliki widget. Hanya saja, widget mereka hanya sedikit. Itu pun terletak di halaman paling kiri.

Nah di iOS 14 ini, Apple menghadirkan widget layar beranda. Tidak hanya tampilan widget yang berubah, sekarang pengguna juga bisa menempatkan widget ke layar beranda.

Inilah fitur pertama yang dinilai meniru Android. Sebab widget di layar beranda sudah ada di Android sejak dulu. Hal yang membedakan widget Android dan iOS 14 adalah ‘Smart Stack.’ Fitur ini otomatis bakal menambah widget berbeda sesuai waktu.

App Drawer (Laci Aplikasi)

Sumber Gambar : Android Central

Selain widget di layar beranda, iOS 14 juga kedatangan app drawer (laci aplikasi). Yah, Apple sih menyebutnya sebagai ‘App Library.’

Walau beda nama, tapi konsep kedua fitur ini sama kok. App Library terletak di sudut kanan layar beranda iOS 14. App Library bakal mengelompokkan semua aplikasi yang diinstal dalam smart folder.

Pengguna juga bisa pakai tab pencarian untuk menemukan aplikasi tertentu. Tidak hanya itu, iOS 14 juga memungkinkan pengguna menyembunyikan aplikasi di layar beranda. Mirip dengan Android bukan?

Picture-in-picture

Sumber Gambar : Android Central

Pengguna Android pasti sudah akrab dengan picture-in-picture (gambar dalam gambar). Fitur ini bisa memainkan video dalam jendela kecil di layar beranda. Fitur ini sudah ada sejak Android 8.0 Oreo.

Nah, iOS 14 akhirnya juga menambah fitur yang sama ke iPhone. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa melihat video di layar beranda atau aplikasi lain, serta melakukan banyak hal dengan mudah.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menyempunyikan pemutar PiP di tab samping. Misal kalau kalian ingin memutar audio tanpa melihat video-nya.

Menetapkan Aplikasi Default

Keluhan lama di iOS yakni soal pengaturan aplikasi default. Contohnya meski kalian sudah mengatur Chrome sebagai aplikasi default, tapi saat tautan diklik, ponsel tetap membukanya di Safari.

Sekarang di iOS 14 hal itu tidak akan terjadi lagi. Karena pengguna sekarang bisa mengatur aplikasi (email atau browser) default dengan mudah.

Menerjemahkan Aplikasi

sumber gambar: The Verge

Google Translate adalah salah satu layanan Google yang paling penting. Apalagi Google Translate sering dibutuhkan untuk komunikasi beda bahasa.

Di iOS 14 ini, Apple telah memperkenalkan aplikasi Translate-nya sendiri. Intinya, cara kerja aplikasi ini sama seperti Google Translate.

Pengguna bisa pilih bahasa yang ingin diucapkan, atau bahasa yang ingin diterjemahkan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa menerjemahkan suara langsung lho.

Meski terlihat sama, tapi dua aplikasi ini tetap berbeda. Aplikasi Translate versi iOS 14 debut dengan 11 bahasa pendukung. Sedangkan Google Translate bekerja dengan lebih dari 100 bahasa.

App Clips

Sumber Gambar : MacRumors

Flashback di tahun 2018, Google merilis ‘Google Play Instant.’ Layanan ini memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi atau game tanpa perlu menginstalnya.

iOS 14 juga punya layanan yang sama lho. Hanya saja, di sini namanya ‘App Clips.’ Sama seperti Google Play Instant, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi tanpa perlu menginstalnya.

Desain Siri yang Baru

Sumber Gambar : MacRumors

Sebelumnya, mengaktifkan Siri akan membuat layar beranda jadi penuh. Tidak hanya itu, Siri juga membuat pengguna keluar dari kegiatan yang mereka lakukan sebelumnya di ponsel.

Sekarang Siri muncul dengan ‘pentolan’ kecil di bawah layar. Jadi pengguna tetap bisa mengaktifkan Siri, sambil membuka aplikasi atau website.

Tampilan Siri kali ini sangat mirip dengan Google Assistant di ponsel Android. Walau cuma perubahan kecil, tapi perlu diakui kalau Android lah yang menjadi pelopornya.

Izin Aplikasi di App Store

Di Android, pemberian izin aplikasi memang telah ada sejak bertahun-tahun lalu. Hal ini membuat Android lebih user-friendly (dalam hal privasi) dibanding iOS.

Apple pun akhirnya menghadirkan fitur serupa. Kini di iOS 14, pengguna bisa melihat fitur izin aplikasi dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

%d blogger menyukai ini: