Fitur Transfer File Bawaan Android Akan Dukung Integrasi Ke Komputer

Transfer file antar perangkat masih belum cukup mudah dilakukan di ekosistem Android. Apple, di sisi lain, punya AirDrop yang sangat memudahkan. Kabarnya, fitur transfer file bawaan Android mendatang akan lebih baik dan juga mendukung pengiriman ke sistem operasi komputer.

Sekilas Soal Transfer File

Mungkin kalau kamu selama ini hanya berbagi foto, pentingnya transfer file antar perangkat belum terbayangkan. Tapi bayangkan kalau kamu memiliki mobilitas tinggi atau sering bekerja berpindah tempat, dan harus memindah berkas antara smartphone dan komputer. Apalagi kalau ukuran berkas cukup besar, seperti video.

Transfer dengan kabel bisa merepotkan. Sementara kalau lewat internet (penyimpanan cloud) bisa memakan waktu dan kuota. Solusi yang sedang dikejar adalah transfer berkas lokal secara nirkabel antar perangkat.

transfer berkas dengan files go
transfer berkas antar smartphone dengan aplikasi Google Files

Solusi seperti itu saat ini tersedia melalui beberapa aplikasi file management β€” baik bawaan merek smartphone atau aplikasi pihak ketiga β€” dan aplikasi transfer file seperti Send Anywhere, ShareIt, dll. Lalu beberapa merek smartphone asal Cina membuat aliansi agar pengiriman berkas antar perangkat mereka lebih mudah.

Banyak yang berharap kalau ada fitur transfer file bawaan Android yang seperti AirDrop di ekosistem Apple.

Fitur Bawaan Android

Google sedang mengembangkan sistem yang lebih baik. Fitur ini disebut dengan nama “Nearby Share” (untuk saat ini). Fitur ini akan tersedia melalui Google Play Service. Artinya fitur ini akan tersedia hampir untuk semua perangkat Android.

Mengirim berkas antar smartphone mungkin tidak perlu kita pertanyakan lagi. Yang menarik, perkembangan terakhir menyebutkan kalau fitur ini juga akan memiliki integrasi dengan sistem operasi komputer. Entah itu Windows, macOS, ChromeOS, atau Linux.

Dinsan dari ChromeStory menunjukkan interasi fitur Nearby Share di ChromeOS.

Kemudian dukungan untuk sistem operasi lain terlihat dari deskripsi fitur Chrome di Chromium Gerrit.

dukungan transfer file android ke komputer

Jadi, nantinya kita bisa dengan mudah memilih berkas di smartphone Android, menekan tombol “Share”, dan mengirimnya ke browser Chrome atau yang berbasis Chromium (Microsoft Edge, Opera, Vivaldi, dll) di komputer. Transfer file berjalan antar perangkat melalui jaringan lokasl dan tanpa internet. Entah bagaimana fitur ini akan berfungsi di Firefox.

Secara pribadi, saya masih punya satu pertanyaan. Transfer file melalui Wifi cukup mudah dilakukan. Bagaimana kalau menggunakan hotspot dari smartphone yang akan mengirim berkas? Saat ini proses tersebut harus menggunakan alamat FTP yang diketik di browser atau file explorer (contoh dengan aplikasi ShareMe). Jadi tidak semudah menekan tombol di smartphone.

Semoga transfer berkas antar perangkat di Android jadi lebih mudah di masa depan.

%d blogger menyukai ini: