Twitter Luncurkan Fitur Batasi Balasan dan Begini Cara Pakainya

Twitter resmi meluncurkan fitur untuk batasi balasan. Kalian bica baca artikel ini untuk mengetahui cara menggunakan fitur tersebut.

Twitter bagaikan sebuah media sosial yang sangat bebas. Di mana orang-orang bebas membuat cuitan dan saling bertukar komentar dengan siapa saja.

Sayangnya di beberapa kasus, sebagian pengguna Twitter merasa tertanggu dengan hal ini. Bagi orang yang suka menjaga privasi, biasanya tidak terlalu suka kalau postingannya dikomentari sembarang orang.

Twitter akhirnya merespon permasalahan ini, yakni dengan menghadirkan fitur batasi balasan. Seperti ap acara kerja fitur ini, dan bagaimana cara menggunakannya?

Cara Pakai Fitur Twitter Batasi Balasan

Twitter telah melakukan uji coba fitur ini sejak Mei 2020. Uji coba telah dilakukan di beberapa perangkat. Akhirnya setelah ditunggu, fitur pembatas balasan Twitter diluncurkan.

Sekarang, fitur pembatas balasan sudah bisa dinikmati semua pengguna Twitter. Lewat fitur ini, pengguna Twitter bisa mengontrol orang-orang yang bisa memberi balasan.

Sumber Gambar : The Verge

Lalu seperti apa cara kerja fitur pembatas balasan Twitter? Jadi sebelum mengirim tweet, kalian sekarang punya tiga opsi baru. Opsi ini untuk memilih siapa saja yang bisa membalas cuitan kalian.

Ketiga opsi itu terdiri dari ‘Semua orang dapat membalas,’ ‘Hanya orang yang diikuti pengguna,’ dan ‘Hanya orang yang disebutkan pengguna dalam tweet.’

Opsi ‘Semua orang dapat membalas’ adalah pengaturan default Twitter. Artinya, semua orang bebas mengomentari postingan kalian. Kalau kalian pilih opsi selain default, ikon balas bakal berwarna abu-abu (untuk orang yang tidak diizinkan membalas).

Bagaimana dengan pengguna lain yang tidak kalian pilih? Mereka tetap bisa me-retweet, berkomentar, membagikan atau menyukai tweet yang kalian batasi tadi.

Sekilas, fitur pembatas tweet ini mirip Restrict Instagram. Tapi bisa dibilang, lebih lengkap Restrict. Karena fitur ini bisa membatasi komentar dan pesan (DM) pengguna tertentu.

Lalu bagaimana cara pakai fitur ini?

Cara Pakai Fitur Pembatas Balasan Twitter
  • Buatlah tweet seperti biasa.
  • Di bawah cuitan kalian, perhatikan opsi bertuliskan ‘Semua orang dapat membalas.’
Cara Pakai Fitur Pembatas Balasan Twitter
  • Klik opsi tersebut.
  • Pilih salah satu opsi yang sesuai kebutuhan kalian.
  • Setelah memilih opsi, klik tombol ‘Tweet’ untuk memposting cuitan.

Fitur ini jelas bakal sangat berguna. Apalagi cuitan Twitter yang berbau sensitif seperti politik atau COVID-19. Oya, fitur ini juga berguna untuk mencegah mantan spam komentar di cuitan kalian lho. Hehehe.

%d blogger menyukai ini: