Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Sekarang Aplikasi Google Search Punya Fitur Web Stories

Indri Penulis

Google resmi tambahkan fitur Web Stories ke aplikasi Google Search versi Android dan iOS. Fitur ini akan membantu kalian menemukan konten web terbaik.

Kalian pasti tidak asing dengan fitur Instagram Stories kan? Yap. Fitur ini memungkinkan kalian melihat Stories yang dibuat oleh semua pengguna Instagram. Baik berupa foto, teks atau video.

popculture.id

Di web juga ada lho fitur semacam itu. Google membuat fitur mirip Instagram Stories bernama Web Stories. Kalau Instagram Stories muncul di media sosial Instagram, maka fitur ini muncul di hasil pencarian Google.

Oktober ini, fitur tersebut diluncurkan di aplikasi Google versi Android dan iOS. Lalu bagaimana cara kerja fitur ini?

Cara Kerja Google Web Stories di Aplikasi Google

Aplikasi Google Search telah dipakai oleh lebih dari 800 juta setiap bulannya. Google sama seperti aplikasi lainnya, yakni punya serangkaian fitur menarik.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh aplikasi Google Search adalah Discover. Discover adalah halaman yang akan menampilkan berita-berita terkini.

Nah sekarang, halaman Discover kedatangan fitur baru yakni Web Stories. Kini fitur tersebut bisa ditemukan di bagian atas Discover.

Google Web Stories
Fitur Web Stories di Halaman Discover

Apa fungsi dari fitur Web Stories? Fitur ini akan membantu kalian menemukan berbagai konten visual terbaik dari seluruh web.

Fitur ini dibuat untuk pengguna seluler yang ingin menemukan konten secara sekilas. Setiap Stories hanya terdiri dari beberapa kata dan foto/video. Kalau saya perhatikan, kata-kata yang dipakai di Stories dibuat untuk menarik minat penonton.

Cara kerja fitur tersebut sangat sederhana. Bahkan mirip seperti Instagram Stories. Ketika kalian mengetuk salah satu Stories, kalian akan masuk ke tampilan Stories layar penuh.

Cara Pakai Google Web Stories
Cara Pakai Google Web Stories

Untuk melihat halaman Stories berikutnya, kalian hanya perlu mengetuk layar sekali. Jika ingin pindah ke Stories web lain, kalian cukup swap layar ke kanan atau kiri.

Itu tadi gambaran fitur Web Stories yang ada di halaman Discover aplikasi. Selain di halaman Discover, fitur Web Stories juga bisa temukan di hasil penelusuran Google Search.

Google Web Stories di Hasil Pencarian Google Search
Google Web Stories di Hasil Pencarian Google Search

Sementara itu, fitur tersebut saat ini baru tersedia di Amerika Serikat, India dan Brazil. Tapi Perusahaan berjanji, mereka akan membawa fitur ini ke negara lain. Perusahaan juga akan menambahkan fitur ini ke produknya yang lain.

Manfaat Web Stories untuk Kreator dan Penerbit

Untuk pembuat Stories, fitur ini sepenuhnya ada di bawah kendali kalian. Sama seperti konten lain di situs web, kalian punya kendali penuh atas monetisasi, hosting, berbagi sampai menambah tautan ke Stories.

Penerbit untuk Google Web Stories
Penerbit untuk Google Web Stories

Selain itu, Google juga telah bekerja sama dengan penerbit terkenal di AS, India dan Brazil. Jika Stories yang dibuat bagus, penerbit akan menerbitkan Stories kalian.

Stories yang ditampilkan pun akan dibuat semenarik mungkin. Hal ini akan membuat orang tertarik dan akhirnya mau menonton Stories kalian.

Web Stories bisa dibuat oleh siapa saja. Sampai saat ini sudah lebih dari 2.000 situs web telah menerbitkan Stories, dan berhasil diindeks oleh Google. Web Stories adalah cara baru untuk memperoleh jumlah traffic yang signifikan.

    %d blogger menyukai ini: