Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur WhatsApp Picture in Picture Resmi Hadir untuk Panggilan Video

whatsapp picture in picture
Sumber: WIRED
Indri Penulis

Fitur WhatsApp Picture in Picture akhirnya resmi hadir untuk panggilan video. Seperti apa cara kerjanya? Yuk kita lihat bareng-bareng.

Picture in Picture atau PiP adalah fitur yang nggak asing bagi beberapa pengguna aplikasi. Fitur ini berfungsi untuk mengecilkan pemutar video, agar pengguna bisa melakukan aktivitas lain sambil tetap nonton video yang diputar.

Sudah ada banyak aplikasi yang menerapkan fitur PiP. Contohnya bisa kamu lihat pada aplikasi YouTube. Tapi untuk menggunakan fitur PiP di YouTube, kamu harus berlangganan YouTube Premium.

Nggak mau ketinggalan, WhatsApp baru-baru ini mengumumkan uji coba fitur Picture in Picture. Konon, PiP nantinya bakal berfungsi pada fitur panggilan video.

Uji Coba Fitur WhatsApp Picture in Picture

Dilansir dari situs WhatsApp Blog, Fitur Picture in Picture WhatsApp saat ini masih dalam tahap uji coba. Tapi kalau nggak ada halangan, fitur tersebut akan diluncurkan secara resmi tahun depan.

Selain itu, uji coba fitur WhatsApp Picture in Picture video call ini baru dilakukan di aplikasi iOS. Jadi untuk pengguna aplikasi Android, seperti biasa tetap bersabar ya.

whatsapp picture in picture
Sumber: Solopos

Terlepas dari itu, kira-kira apa sih fungsi fitur WhatsApp Picture in Picture? Jadi fitur ini bakal membuat WhatsApp jadi lebih multitasking.

Fitur PiP akan memperkecil layar panggilan video saat pengguna melakukan aktivitas lain. Seperti yang kita tahu, selama ini ketika video call, WhatsApp akan langsung menutup tampilan panggilan video saat pengguna membuka aplikasi lain (walaupun panggilan masih menyala).

Tapi dengan adanya fitur PiP, semuanya berbeda. Contohnya, pengguna nanti bisa membuka postingan Instagram sambil video call, dan tampilan video call tidak akan tertutup aplikasi Instagram. Melainkan tampilannya diperkecil saja.

Baca Juga:  WhatsApp Uji Transfer Riwayat Chat Tanpa Internet Antar Ponsel Android

Dengan begitu pengguna bisa tetap melakukan aktivitas lain. Lalu di sisi lain, pengguna bisa tetap melihat wajah orang yang diajak video call.

Di sisi lain, WhatsApp tidak hanya mengumumkan uji coba fitur Picture in Picture. Tapi WhatsApp juga turut mengumumkan kabar lain yang nggak kalah seru, yakni diantaranya:

  • Dukungan panggilan video maksimal dengan 32 orang.
  • Hadirnya fitur pesan / nonaktifkan panggilan (pengguna bisa klik lama pada peserta panggilan untuk mengirim pesan/menonaktifkan panggilan dengan mereka).
  • Hadirnya fitur tautan panggilan grup.
  • Perubahan tampilan bubble saat panggilan jadi lebih warna-warni (fungsinya agar peserta panggilan tahu siapa yang sedang ngobrol, meskipun kameranya mati).
  • Hadirnya fitur notifikasi ketika ada orang baru yang bergabung ke panggilan grup.

Oke Urban People, sementara ini itu saja informasi yang saya dapatkan soal fitur WhatsApp Picture in Picture. Kalau fitur tersebut sudah resmi rilis, saya pasti akan langsung meng-update informasinya.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]tal.id.