Inilah Jenis Font Logo Terkenal

font logo whatsapp
Foto: Emanuele Abrate

Apakah kamu pernah bertanya-tanya jenis font yang dipakai di logo merk terkenal? Saya pernah. Untungnya, ada seorang perancang grafis yang memberi kisi-kisi soal jenis font logo itu.

Selain ikon, font memberikan identitas tambahan di sebuah logo. Jenis huruf bisa menentukan nuansa pada identitas tersebut. Sebuah logo dengan font jenis Script akan memberi kesan berbeda dengan logo dengan font jenis Sans Serif.

Emanuele Abrate adalah seorang perancang grafis asal Italia. Ia melakukan sebuah proyek dan melakukan riset soal font yang dipakai di merk populer. Proyek itu diberi nama “Logofonts”.

Ia juga menyebutkan bahwa dengan proyek ini, ia berusaha mencari tahu bagaimana font dipakai dan dimodifikasi di logo bersangkutan, sampai menjadi bentuk final yang kita kenal saat ini. Sayangnya, ia tidak memberi tahu lebih jauh soal ini.

BACA JUGA
Tips Download Font Dan Langsung Install Dengan Cepat

Emanuele Abrate menyusun 16 font logo populer. Di antaranya ada logo Adidas, Netflix, YouTube, Starbucks, Facebook, dan WhatsApp. Ia juga mereka ulang logo tersebut dan mengganti nama merk dengan nama font yang dipakai.

Dari sekian font logo tersebut, saya cukup tertarik dengan fakta bahwa beberapa menggunakan font yang cukup umum. Misalnya Adone yang menggunakan Myriad atau Netflix yang memakai Bebas Neue. Tentu saja ada kemungkinan modifikasi di semua font itu.

Sebagai contoh, logo UrbanDigitalahem — menggunakan font Ubuntu. Tapi saya melakukan sedikit modifikasi di beberapa ujung (ascender dan descender) font tersebut.

Bagaimanapun, modifikasi tersebut menambah unik tulisan secara khusus dan logo secara umum. Bahkan walau perubahannya kecil.

Berikut ini beberapa logo yang ada di proyek “Logofonts” dari Emanuele Abrate.

font logo adidas

font logo starbucks

BACA JUGA
Cara Membuat Logo Keren Secara Online

font logo instagram

font logo youtube

font logo netflix

Menarik bukan? Kalau kamu ingin melihat jenis font logo lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman “Logofonts” di Behance.

Ada komentar?