Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Forum Standar Metaverse Jadi Patokan Baru Pembuatan Dunia Virtual

Indri Penulis

Sejumlah perusahaan dan organisasi besar seperti Meta, Microsoft, dll, telah membentuk Forum Standar Metaverse. Apa itu dan fungsinya buat apa?

Beberapa waktu belakangan ini, metaverse bukan lagi istilah yang asing untuk banyak orang. Buat kamu yang belum tahu apa arti istilah itu, pengertian metaverse adalah bagian internet dari realitas virtual bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata ‘dalam dunia internet tahap berikutnya.’

Akhir-akhir ini sudah banyak perusahaan yang membuat metaverse versi mereka sendiri, contohnya Meta, Microsoft, dll. Sayangnya selama standar pembuatan metaverse sering dianggap belum jelas. Bahkan walau metaverse populer banget, sebenarnya masih ada banyak pemain yang bahkan tidak menyetujui apa itu ‘metaverse.’

Makanya beberapa perusahaan dan organisasi besar akhirnya sepakat buat membentuk “Forum Standar Metaverse.” Forum ini dibuat untuk mendorong standar terbuka yang bisa dioperasikan untuk augmented reality dan virtual reality, geospasial dan teknologi 3D.

Apa Itu Forum Standar Metaverse?

Menurut siaran pers, Forum Standar Metaverse adalah sebuah forum yang menyatukan organisasi dan perusahaan terkemuka, lalu mereka bekerjasama membuat ‘standar pasti’ untuk membangun metaverse terbuka.

forum standar metaverse

Forum ini bakal mengeksplorasi kekurangan interoperabilitas yang selama ini menghambat penyebaran metaverse, dan bagaimana Standard Developer Organization (SDO) mendefinisikan serta mengembangkan standar yang dibutuhkan untuk membuat metaverse.

Forum ini bakal fokus pada aktivitas pragmatis, proyek berbasis tindakan seperti penyelenggaraan hackathon, plugfests, dan alat sumber terbuka untuk mempercepat pengujian dan penerapan standar metaverse. Forum ini juga mengembangkan terminologi dan penerapan yang konsisten sebagai pedoman.

Selama ini beberapa pemimpin industri telah menyatakan bahwa potensi metaverse akan terwujud dengan baik, jika dibangun dengan standar terbuka. Kalau ingin membangun metaverse dengan skala luas, maka harus menggunakan standar terbuka yang dibuat oleh SDO sseperti The Khronos Group, World Wide Web Consortium, Open Geospatial Consortium, Open AR Cloud, Spatial Web Foundation, dll.

Diselenggarakan oleh Khronos Group, forum ini terbuka untuk organisasi atau perusahaan manapun yang ingin bergabung, dan forum ini bisa dimasuki tanda pengutan biaya sepeserpun.

Nah untuk saat ini sudah ada beberapa perusahaan besar yang ikut bergabung ke dalam forum, yakni antara lain:

Adobe, Alibaba, Autodesk, Avataar, Blackshark.ai, Epic Games, Express Language Foundation, Huawei, IKEA, Khronos, Lamina1, Maxon, Meta, Microsoft, NVIDIA, OpenAR Cloud, Open Geospatial Consortium, Qualcomm Technologies, Ribose, Sony Interactive Entertainment, Spatial Web Foundation, Unity, VerseMaker, Wayfair, Konsorsium Web3D, Konsorsium World Wide Web, dan Asosiasi XR (XRA), dll.

Dari beberapa perusahaan di atas, ada sebagian perusahaan yang menjadi pendiri Forum Standar Metaverse. Mereka adalah World Wide Web Consortium (W3C), Nvidia, Qualcomm, Sony Interactive Entertainment, Unity, dan Lamina1.

Sayangnya ada juga beberapa nama perusahaan besar yang ‘absen’ dari daftar di atas. Beberapa perusahaan yang saat ini tidak nampak bergabung ke forum adalah Apple, Niantic dan Roblox. Padahal mereka bertiga saat ini sama-sama tengah gencar mengembangkan teknologi VR dan AR.

Yah, mungkin baru itu saja perusahaan yang bergabung ke Forum Standar Metaverse. Mungkin seiring berjalannya waktu, jumlah perusahaan yang bergabung ke sana akan bertambah banyak.