Foto/Gambar Jaman Dulu Yang Sesuai Sama Konten Medsos Masa Kini

Siapa yang mengira kalau tipe foto atau gambar yang sering beredar di medsos masa sekarang sudah pernah muncul di jaman dulu?

Perkembangan teknologi memang membawa efek luar biasa pada foto dan gambar. Baik dari sisi proses maupun dari konten foto itu sendiri.

Jika dulu memotret diri sendiri harus minta tolong orang lain, sekarang kita bahkan sudah bisa merekam video sendiri. Lalu, foto atau gambar sekarang bukan hanya bersifat dokumentasi dan ilustrasi, tapi sudah menjadi sarana komunikasi tersendiri.

Menariknya, ada beberapa foto (juga gambar) dari jaman dulu yang sudah memiliki ciri dari tren media sosial masa kini. Ini beberapa di antaranya.

Foto Selfie Pertama di Dunia

Selfie atau swafoto merupakan jenis foto yang paling populer di medsos saat ini. Bagaimanapun, itulah sebabnya kini ada kamera di bagian depan smartphone.

Kamera selfie ini pun selalu jadi bahan invasi dan perbincangan di dunia teknologi. Mulai dari notch, kamera pop-up, lubang di layar, sampai kamera di bawah layar.

Sehubungan dengan hal ini, sebuah foto karya Robert Cornelius pada tahun 1839 kerap disebut sebagai foto selfie pertama di dunia.

foto selfie jadul

Konon Robert mengambil gambar ini di ruang belakang toko milik keluarganya di Philadelphia. Proses pemotretan berjalan sekitar satu menit, dan ia kemudian memberi “caption” di bagian belakang foto dengan tulisan “The first light Picture ever taken. 1839.”

Inikah Meme Pertama di Dunia?

Meme juga menjadi salah satu fenomena menarik di media sosial. Gambar atau video meme sering dipakai sebagai ekspresi atau ide terhadap suatu hal.

Yang menarik, ada satu strip komik dari majalah satir The Judge edisi tahun 1921 yang sering disebut sebagai meme pertama di dunia. Komik ini menunjukkan skema yang sama dengan meme ‘Expectations vs. Reality’ yang sering beredar saat ini.

Mungkin komik ini pada kenyataannya bukanlah meme pertama, karena tidak dipakai secara luas oleh publik. Namun konsep gambar ini jelas relevan dengan konten medsos masa kini. Yah, boleh kita bilang, yang membuatnya visioner.

Tongsis Pertama di Dunia

Berhubungan dengan selfie, ada satu alat yang ikut populer. Yep, alat itu adalah tongsis alias tongkat narsis. Tongsis sering dipakai untuk bisa mengambil gambar selfie dari jauh sehingga gambar terlihat lebih luas. Ideal untuk dipakai memotret grup.

Tapi ternyata konsep tongsis ini sudah pernah muncul jaman dahulu kala. Seorang jurnalis bernama Alan Cleaver menunjukkan sebuah foto dari tahun 1925 yang menampilkan pasangan yang memotret dengan kamera yang digantung di sebuah tongkat.

foto tongsis jaman dulu

Tongsis alias selfie stick ini pun sempat muncul di film “Zabil jsem Einsteina, pánové” dari Cekoslovakia, dipatenkan oleh Hiroshi Ueda pada tahun 1984, dan sempat muncul sebagai chindogu dari Kenji Kawakami.

Foto “Happiest Man in China”

Foto ini aslinya berjudul “Eating rice, China” dari Berthold Laufer yang menelusuri Cina untuk mempelajari kultur setempat sekitar tahun 1901-1904. Foto ini kemudian dikenal sebagai foto “Happiest Man in China” di internet.

Kalau jaman sekarang, pose seperti yang dilakukan oleh orang Cina itu memang sudah wajar. Namun kala itu, proses fotografi membutuhkan waktu relatif lebih lama. Sehingga kebanyakan foto era itu menampilkan orang dalam posisi yang kaku (menunggu proses selesai).

Itu sebabnya pose konyol orang Cina ini dianggap lebih modern daripada foto jaman dulu di era yang sama. Yah, sekarang pun, kita kadang masih punya pose resmi dan gaya bebas untuk foto tertentu. Misalnya di pernikahan atau reuni.

%d blogger menyukai ini: