Fujifilm X-Pro3 Bakal Hadir dengan LCD ‘Tersembunyi’ dan EVF Baru

Indri Penulis

Fujifilm X-Pro3 telah ditunggu-tunggu sejak perilisan X-T3 tahun lalu. Kini, kamera itu dikonfirmasi akan rilis bulan Oktober 2019.

Perusahaan asal Jepang, Fujifilm telah mengkonfirmasi tanggal perilisan Fujifilm X-Pro3. Perusahaan mengatakan bahwa kamera akan dirilis pada tanggal 23 Oktober 2019.

Pengumuman tersebut disampaikan Fujifilm dalam acara KTT X di Tokyo. Fujifilm juga mengungkapkan bahwa X-Pro3 saat ini masih dalam proses penyelesaian, sebelum akhirnya dirilis.

Belum diketahui seperti apa spesifikasi lengkap dari X-Pro3. Fujifilm hanya mengungkapkan beberapa hal tentang kamera tersebut.

Sekilas Tentang Fujifilm X-Pro3

Memiliki Layar LCD Tersembunyi

Sumber Gambar : Photography Talk

Fujifilm hanya merinci beberapa fitur baru dan yang akan diperbarui. Fitur baru yang dihadirkan adalah adanya layar LCD tersembunyi.

Layar LCD ini telah didesain ulang oleh Fujifilm. Bahkan perusahaan asal Jepang itu mengungkapkan bahwa ini adalah perkembangan paling menarik.

X-Pro3 jelas akan mengusung konsep layar yang berbeda dari generasi sebelumnya. Seperti yang kita ketahui, X-Pro2 mengusung konsep layar tetap.

Kedepan, kita dapat menemukan adanya layar LCD ‘tersembunyi’ di X-Pro3. Layar akan menghadap ke kamera secara default, dan otomatis terbalik jika diperlukan.

Sementara itu, panel belakang kamera akan menyembunyikan layar LCD ini. Hal ini masuk akal, sebab layar LCD yang ditempatkan berukuran kecil.

Semua tampak konsisten dengan filosofi garis X-Pro yang murni. Ini akan memberikan manfaat bagi mereka yang lebih suka LCD, untuk pemotretan waist-level namun fokus utama ke viewfinder.

EVD Lebih Baik, Bodi Lebih Kasar

Sumber Gambar : Fuji Rumors

EVD X-Pro3 telah ditingkatkan dari versi sebelumnya. Komponen optik bahkan telah diatur agar bisa memberikan pandangan yang lebih jelas.

Sementara itu, EVD ini hanya memiliki sedikit distorsi. Keunggulan lainnya adalah, EVD X-Pro3 memiliki sudut pandang lebih luas, kecepatan refresh lebih tinggi, dan ruang warna lebih banyak.

Pada bagian bodi, X-Pro3 dibuat dari bahan titanium. Sementara itu, bagian luar kamera dilapisi bahan DURA extra kuat.

Hal tersebut membuat X-Pro3 10 kali lebih kuat dan tahan terhadap goresan. Menurut Fujifilm, lapisan tersebut bahkan hampir sekuat safir.

Kamera ini akan tersedia dalam dua opsi, yaitu DURA Titanium dan DURA Black, lalu opsi kedua adalah Classic Black. Belum ada info mengenai harga X-Pro3. Kita tunggu saja info selengkapnya ya.

    %d blogger menyukai ini: