Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Fundo – Platform Google untuk Kreator Adakan Event Online Berbayar

Indri Penulis

Google melalui devisi Area 120, resmi kenalkan Fundo. Ini platform yang bisa dipakai content creator untuk mengadakan acara berbayar online.

Hubungan antara content creator dan penggemar saat ini jauh lebih erat. Sebut saja seperti di YouTube, interaksi pembuat konten dan penonton tidak sekedar berbalas komentar.

popculture.id

Lebih dari itu, content creator saat ini bisa membuat berbagai acara secara online. Mulai dari acara gratis yang bisa ditonton semua orang, sampai acara online berbayar.

Melihat situasi semacam itu, Google lewat Area 120, kemudian meluncurkan Fundo. Apa itu Fundo, dan untuk apa itu?

Fundo dari Google untuk Adakan Event Online Berbayar

Fundo merupakan platform yang dibuat khusus untuk content creator. Di sini, content creator bisa membuat berbagai acara online berbayar dengan lebih mudah.

Sebenarnya platform ini telah diuji sejak satu tahun yang lalu. Setelah melalui masa uji coba, sekarang platform tersebut resmi diluncurkan. Tapi untuk saat ini, platform ini baru bisa diakses di Amerika Serikat dan Kanada.

Peluncuran Fundo di masa pandemi bukanlah hal yang mengejutkan. Kenapa? Karena saat ini banyak acara diadakan secara online. Contohnya beberapa konser K-POP yang kini berubah menjadi acara tontonan online berbayar.

Fundo bisa dibilang sebagai platform paket lengkap. Di Fundo, pengguna tidak perlu menentukan layanan video chat yang ingin dipakai. Pengguna juga tidak perlu bingung untuk mengetahui cara memproses pembayaran dari peserta event.

Profil Pembuatan Event

Intinya, semua sudah dikoordinir oleh Fundo. Tapi ada barang, ada juga harga yang harus dibayar. Karena pengguna tidak perlu repot mengurus ‘ini-itu,’ jadi 20% dari total keuntungan event akan diambil Fundo.

Sebagai platform untuk menyelenggaran event online, Fundo bisa digunakan untuk beberapa jenis acara. Misalnya seperti event workshop, sesi video chat 1 lawan 1 (plus sesi foto bersama), meet-and-greet, dll.

Di Fundo, content creator hanya perlu memilih acara yang ingin mereka adakan. Setelah itu, mereka bisa mengatur jadwal dan kuota maksimum peserta acara. Oya, jangan lupa untuk menentukan harga tiketnya.

Event Photo Booth

Setelah selesai mengatur semuanya, acara yang dibuat content creator akan langsung tampil di situs Fundo.  Sementara peserta, mereka perlu melakukan registrasi lebih dulu memakai Akun Google atau nomor telepon sebelum bergabung ke event.

Event Workshop

Sayangnya sampai sekarang, Fundo belum tersedia dalam bentuk aplikasi. Fundo juga belum diluncurkan secara global. Semoga saja platform ini bisa hadir ke Indonesia juga ya.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya perusahaan teknologi meluncurkan layanan event online berbayar. Sebelum Fundo, sudah ada Facebook yang meluncurkan fitur serupa.

Bedanya, fitur ini ada di dalam platform Facebook itu sendiri. Jadi bisa diakses lewat website maupun aplikasi. Tapi naasnya, keuntungan event yang didapat pengguna Facebook versi iOS akan dipotong App Store. Jadi pengguna tidak menerima keuntungan utuh.

    %d blogger menyukai ini: