Terkonfirmasi! Samsung Galaxy Z Fold 3 | Flip 3 Tahan Air & Dukung S Pen

Akhirnya terkonfirmasi! Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 bakal tahan air serta mendukung S Pen seperti jajaran ponsel Galaxy Note.

Kalau selama ini ramai banget bocoran seputar Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3, kini satu per satu petunjuk soal generasi ketiga dari ponsel lipat Samsung akhirnya terkuak.

Dimulai dari tanggal perilisannya. Baru-baru ini, President & Head of Mobile Communications Business Samsung Electronics, Dr. TM Roh, mengonfirmasi kalau kedua ponsel tersebut bakal rilis tanggal 11 Agustus mendatang.

Tandai kalender kalian dan saksikan acara Unpacked kami pada tanggal 11 Agustus untuk melihat apa yang terjadi,” kata TM Roh di Samsung Mobile Press.

TM Roh juga sekaligus mengonfirmasi kalau Samsung nggak akan meluncurkan Galaxy Note tahun ini (dan kemungkinan memang tak akan pernah). Sebagai gantinya, Samsung bakal memperluas fitur-fitur Note ke banyak perangkat Samsung Galaxy.

Selain info soal tanggal rilis, TM Roh juga mengatakan kalau Samsung akan menghadirkan S Pen yang dirancang khusus buat ponsel layar lipat.

Kalau yang ini sih sesuai dengan berbagai bocoran yang beredar sebelumnya. Contohnya kebocoran dari situs FCC yang mengonfirmasi bahwa Samsung Galaxy Z Fold 3 akan mendukung S Pen (S Pen Pro dan S Pen Fold Edition).

Selain itu, baru-baru ini orang-orang di situs 91mobiles telah berhasil melihat ‘kasing resmi’ Galaxy Z Fold 3. Selain untuk melindungi ponsel, kasing tersebut juga menawarkan slot di sepanjang engsel yang mampu menyimpan S Pen saat tidak dipakai.

Sumber : 91mobiles

Kasing tersebut bentuknya simpel. Desainnya mengikuti bodi ponsel yang bisa dilipat dengan slot S Pen di engselnya. Sayangnya gambar yang katanya ‘resmi’ itu justru menunjukkan kalau kasing tersebut dibuat dari bahan silikon, membuatnya mungkin terlihat kurang elegan.

Di sisi lain, Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3 beberapa bulan lalu memang pernah dirumorkan bakal memiliki semacam peringkat IP.

Menariknya, bocoran terbaru yang dibeberkan @evleaks baru-baru ini (berasal dari gambar promo yang bocor di internet) seolah telah mengonfirmasi rumor tersebut.

Menurut gambar promo tersebut, Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3 akan disertifikasi IPX8. Itu artinya, kedua ponsel tersebut bakal tahan air (sama seperti beberapa ponsel non-lipat Samsung).

Rasanya cukup mengesankan saat Samsung berhasil membuat perangkat lipatnya bisa tahan air. Sayangnya sepertinya mereka belum bisa menghadirkan fitur tahan debu ke ponsel lipatnya tahun (mungkin akan hadir di ponsel lipat generasi berikutnya).

Terakhir masih ada satu lagi rumor panas yang akhirnya secara tak langsung ‘terkonfirmasi.’ Galaxy Z Fold 3 sempat digosipkan bakal mendukung kamera bawah layar dengan resolusi 4MP. Nah, bocoran terbaru @evleaks semakin ‘mempertegas’ gosip tersebut.

Yah, meski resolusinya agak mengecewakan, semoga nanti Samsung bisa menyajikan perangkat lunak yang bisa menebus resolusi rendah pada kamera tersebut. Hm, kita tunggu saja kejutan yang bakal diberikan Samsung tanggal 11 Agustus nanti ya.

%d blogger menyukai ini: