Gallery Go – Aplikasi Galeri Foto Ringan dan Offline dari Google

aplikasi gallery go dari google

Google mengumumkan aplikasi bernama Gallery Go di Nigeria. Aplikasi ini merupakan aplikasi galeri foto yang ringan dan berfungsi offline, juga memiliki fungsi edit sederhana.

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi ringan dari Google, menyusul kehadiran Files, YouTube Go, dll. Walau Google mengumumkannya di Nigeria, aplikasi ini tersedia untuk pengguna di seluruh dunia.

Sebelum ini, Google sudah memiliki aplikasi galeri foto lain. Aplikasi itu adalah Google Photos. Tapi Google Photos penuh dengan berbagai fitur dan cenderung berguna dalam pemakaian online. Dengan begitu, tidak terlalu ideal untuk kondisi tertentu.

Sebaliknya, aplikasi Gallery Go hadir dengan fitur cukup standar. Hal ini membuatnya ringan — hanya 10MB — dan bisa dipakai offline. Sehingga ideal dipakai untuk semua ponsel, bahkan yang memiliki spesifikasi rendah.

Penampilan aplikasi galeri foto google
Penampilan aplikasi Gallery Go

Aplikasi ini punya dua halaman utama. Semua foto dan berdasar folder di ponsel. Halaman Foto akan menampilkan semua berkas media, apakah itu foto maupun video. Di atasnya, terdapat fitur penyaringan berdasar obyek (makanan, hewan, pemandangan, selfie, dll).

Proses pengenalan obyek ini berjalan otomatis. Kamu juga bisa menata berkas, seperti: Memindah, menyalin, membuat folder baru, menghapus, dan tentu saja mengirim. Di aplikasi ini juga ada fitur edit foto sederhana.

Fitur edit foto

Ya, fitur edit fotonya tidak banyak. Hanya ada auto enhanced (optimalkan pencahayaan foto otomatis), rotate, crop, dan filter.

Kamu tidak bisa mengatur pencahayaan sendiri, tidak bisa memilih rasio crop, tidak bisa mengatur pewarnaan, atau tidak bisa menambah teks. Sangat bisa dimaklumi. Karena memang aplikasi ini memang dibuat sesederhana mungkin.

Google menyebutkan kalau aplikasi ini bekerja pada Android versi 8.1 (Oreo) dan yang lebih baru. Lalu mereka juga menyebutkan bahwa meskipun Gallery Go tersedia di seluruh dunia, beberapa fitur seperti mengatur foto berdasar orang tidak tersedia di setiap negara.

Galeri foto merupakan jenis aplikasi wajib di smartphone. Nah, kalau kamu mencari aplikasi galeri foto yang ringan, solakan coba aplikasi satu ini.

Download (Android)

%d blogger menyukai ini: