ASUS UX304
ASUS UX304
ASUS UX304

Google Files Go: Menghindari Memori Internal Penuh

aplikasi google files go
Anom Penulis

Beberapa waktu terakhir ini saya mencoba aplikasi Files Go (Files by Google). Sebuah aplikasi file manager buatan Google. Konon, aplikasi Android ini berguna untuk menghindari memori handphone penuh. Apakah begitu? Yuk kita bahas.

Mungkin kamu sudah baca soal program Android Go. Sebagai bagian dari program itu, Google membuat beberapa aplikasi ringan, termasuk aplikasi ini. Tujuannya, agar kamu bisa menggunakan handphone dengan efisien dan hemat.

Aplikasi Files Go Membantu Mengosongkan Memori Handphone

Kalau kamu membuka aplikasi file manager biasa, mungkin yang pertama kamu lihat adalah kategori berkas atau jajaran folder. Aplikasi Files Go berbeda.

Ketika kamu membuka aplikasi ini, yang kamu lihat pertama kali adalah saran menghapus berkas yang menjadi “beban”. Saran itu dikelompokkan dalam kategori: Media & meme resolusi rendah, aplikasi yang tidak digunakan, cache aplikasi, berkas yang diunduh, berkas berukuran besar.

aplikasi files go menghindari memori handphone penuh

Kalau kamu mau mengosongkan ruang di handphone, pilih salah satu kategori itu. Kemudian, kamu bisa memilih berkas apa saja yang mau kamu hapus.

Kebetulan saya tidak menggunakan microSD card. Tapi saya pikir aplikasi ini juga bisa mengatur berkas di SD card. Di sisi lain, kemungkinan besar kamu sudah menggabungkan SD card ke memori internal.