Game Mario Kart Tour untuk Android dan iOS Memancing Reaksi Fans

mario kart tour

Game Mario Kart Tour untuk Android dan iOS sudah hadir. Namun mekanisme game tersebut memancing berbagai reaksi fans beratnya.

Mario Kart merupakan seri game balap dengan gaya go-kart. Seri game ini menjadi spin-off dari seri game Super Mario. Sebelumnya, seri game ini sudah hadir di berbagai konsol β€” mulai dari SNES sampai Switch β€” dan banyak disukai.

Mario Kart Tour menjadi versi mobile dari seri ini dan hadir untuk perangkat Android dan iOS. Banyak fans game ini menanti kehadirannya dan melakukan pre-registrasi (termasuk saya).

Game ini juga menjadi upaya selanjutnya dari Nintendo dalam memasuki pasar mobile games. Sebelum ini mereka sudah melepas beberapa game menarik, seperti Super Mario Run, Fire Emblem Heroes, Animal Crossing: Pocket Camp, Dragalia Lost, Dr. Mario World, dll.

Balapan di Mario Kart Tour

Game Mario Kart Tour membawa permainan khas seri ini ke perangkat bergerak. Yah, ada berbagai karakter Super Mario, banyak level atau track balap (termasuk versi retro), bisa memakai items untuk menyabot kendaraan lawan atau power up, dll.

Gameplay mario kart tour
Gameplay

Karena game ini dikembangkan untuk smartphone, tentu saja mengadaptasi cara bermain untuk smartphone. Mario Kart Tour memakai bentuk layar vertikal untuk permainannya. Kontrol dilakukan dengan menggeser jempol ke kanan atau ke kiri.

Sistem tampilan dan kontrol seperti ini tidak buruk (dalam beberapa kasus malah menyenangkan). Tapi boleh dibilang cukup menantang untuk game ini. Terutama karena saat mulai bermain, sistem Smart Steering aktif.

Sistem ini membuat gerakan seperti “melawan” kontrol kita. Aspek kontrol ini menjadi sumber keluhan pemain. Mungkin kamu harus mengaturnya sesuai keinginanmu. Tapi bahkan ada juga yang menyebut kalau meski Smart Steering dimatikan, tetap saja kontrol kurang bagus.

Tapi menurut saya, kontrol seperti ini merupakan salah satu aspek tantangan permainan. Kamu bisa membedakan tantangan kontrol permainan misalnya seperti di Asphalt (yang lebih mengutamakan aksi) dan di Riptide GP Renegade (yang menuntut keahlian mengemudi).

Sistem Gacha

Seperti game kebanyakan di smartphone (terutama dari Asia), Mario Kart Tour memiliki sistem gacha atau loot boxes. Terutama untuk mendapatkan karakter supir atau kendaraan.

Sejauh ini sistem ini tidak terlalu buruk. Namun banyak yang mengeluhkan, karena ketika balapan di track tertentu, ada beberapa karakter yang memiliki keunggulan. Padahal tidak jelas bagaimana kita bisa mendapatkannya (yah, undian gacha).

Pilihan karakter dan level kecepatan saat mau mulai balapan di game mario kart tour
Pilihan karakter dan kategori balap

Lalu, versi balap 200cc yang paling cepat dan banyak disukai harus dibuka dengan Gold Pass. Yah, bisa dimaklumi, karena toh Nintendo harus memiliki pendapatan untuk bisa terus mengembangkan game.

Kalau kamu memang termasuk yang jago dan berpendapat kamu harus main di kelas itu, ya begitulah kondisinya. Tapi kalau tidak, versi 50cc, 100cc, dan 150cc sudah cukup menyenangkan.

Belum Real Multiplayer

Hm, mungkin aspek ini merupakan hal yang paling banyak mendapat sorotan fans. Ya, hal paling seru dari seri Mario Kart adalah bisa bermain melawan teman. Sayangnya, game ini belum menghadirkan real multiplayer (disebut akan hadir di versi mendatang).

Mario Kart Tour Cup
Mario Kart Tour Cup

Saat kamu bermain game ini, kamu tetap akan melawan musuh komputer. Lucunya, Nintendo memasang nama pemain yang terlihat seperti pemain asli supaya pengalaman bermain mirip game multiplayer.

Saat ini, persaingan dengan pemain lain dilakukan melalui sistem high score. Akumulasi dari poin yang didapat saat bermain level tertentu akan menentukan posisimu di Weekly Ranking.

Tetap Seru Dimainkan

Ya, walau ada banyak keluhan, game Mario Kart Tour ini tetap menyenangkan. Paling tidak untuk selingan dari main game yang lebih “serius” seperti PUGB, Mobile Legends, dll.

Saya sendiri berharap game ini akan menghadirkan beberapa aspek permainan yang lebih seru lain. Terutama real multiplayer. Apa guna game online kalau tidak bisa melawan pemain lain?

Nah, kalau kamu berminat dengan game balap lucu ini, silakan unduh melalui link di bawah.

Download (Android)

Download (iOS)

%d blogger menyukai ini: